Keliling Dunia di Minimania Cimory on The Valley Semarang


Wisata keluarga cimory on the valley
prokes sebelum memasuki Cimory on The Valley Semarang

Wisata Keluarga Cimory on The Valley Semarang 

Assalamu’alaikum, Ayah/Bunda.

Mengawali tulisan di tahun 2021, kali ini di topik Traveling Bersama Anak ada kontributor, yaitu Bunda Aruni Hamidah. Baru-baru ini, Bunda Aruni yang sedang hamil dan juga masih menyusui anak pertamanya, mengunjungi Cimory on The Valley menjelang akhir tahun. Simak keseruannya, ya! Oh ya, Cimory ini salah satu wisata keluarga yang direkomendasikan di Semarang. 

Minimania dan Keliling Dunia dalam Waktu Singkat 

Kamis pagi itu,  tiba-tiba suami ngajak ke Cimory. Busuimil auto seneng dong! Apalagi memang sudah lama tidak jalan keluar agak jauh. Apalagi karena pandemi dan diberi kepercayaan hamil lagi saat anak pertama saya baru berusia 1 tahun. 

Kami berangkat agak siang karena dadakan. Perjalanan kami dengan roda dua supaya tidak ribet. Si Kakak digendong Ayah di depan, dan saya membonceng di belakang. Perjalanan dari rumah ke Cimory kurang lebih 1,5 jam karena melaju dengan pelan. Namun jika melaju dengan kecepatan rata-rata dan kencang, biasanya tak sampai 1 jam ditempuh dari Kota Semarang.

Sampai di sana, saya pikir akan sangat sepi. Ternyata ada beberapa rombongan yang juga mau berwisata. Tenang, Cimory on The Valley cukup ketat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi. Sebelum masuk,  wajib cuci tangan dan cek suhu. Di berbagai tempat juga diberi tanda untuk menjaga jarak aman. 

Kami membeli tiket terusan (Dairy farm dan MiniMania) seharga 35 ribu per orang.  Dapat diskon 20% untuk pembelian lemon tea dan ice cream juga untuk naik kuda.  Berhubung tinggi si-Kecil belum mencapai 80cm, dia belum membayar tiket. Hanya kami berdua yang membeli tiket dewasa.

Tujuan pertama ke MiniMania,  karena kami melihat di sana sepi.  Sebelum masuk,  disambut oleh Mas dan Mba Mini yang bertugas. Ada beberapa patung sapi yang cukup eye cathcing. Oh ya, si Kecil sempat foto di depan patung sapi yg ternyata warnanya matching sama bajunya, hihi. 

minimania taman miniatur dunia di cimory semarang
dokumentasi Bunda Aruni

Setelah pemeriksaan tiket, kami masuk ke Wahana Minimania. Tersedia caping yang bisa digunakan untuk melindungi kepada dari panas matahari. Maklum, sampai di Cimory sudah jam 11 siang. Kebayang kan, panasnya Semarang di jam itu. 

Di sana kita bisa mengenalkan berbagai bangunan ikonik dari negara-negara lain. Ada 15 miniatur landmark yang terkenal di dunia. Ada Hollywood sign, Stonehenge, Eiffel Tower, Rushmore Mountain, Liberty Statue, Pisa Tower, Big Ben, dll. 

Juga ada tour guide gratis yang standby,  jadi kalau mau foto nggak bingung, ada yang membantu ambil foto. Mas Mini-nya ramah banget, menanyakan mau foto di mana,  trus difotoin deh,  dipilihin juga beberapa angle sama masnya. 

Jelajah Dairy Farm

Puas berkeliling,  kami istirahat sholat di mushola. Tak lama, kami melanjutkan perjalanan ke Dairy Farm. 
Seru banget,  si Kecil suka sama Ikan,  nggak mau beranjak dari ngeliatin ikan di kolam. Setelah dibujuk buat keliling, alhasil dia mau beranjak juga. di sana juga bisa melihat aneka reptil, burung (aviary)_yang bikin dia betah dan berlarian kesana kesini,  ngejar burung-burung yang dibiarkan bebas. Lalu ada kandang Kelinci, kambing,  Rusa,  burung unta,  domba,  kuda,  sapi, juga Unta.
Wah! Lengkap banget, bukan? Cocok untuk wisata edukasi. 

rekomendasi wisata edukasi dan keluarga di Semarang
Dairy Farm Cimory on The Valley Semarang

Pengunjung bisa memberi makan binatang-binatang di sana dengan membeli pakan yang terpisah dari harga tiket. Rata-rata dibanderol 10.000 rupiah per pakan. 
Untuk menambah keseruan saat bermain di Cimory, Anak-anak juga bisa menaiki kereta mainan di dekat kandang kuda. Selain itu bisa juga menaiki kuda yang disediakan. Nah, makin lengkap bukan? Seharian menjelajah di sana sepertinya tidak cukup apalagi jika anaknya menikmati 

Oh ya,  ada beberapa spot foto bagus disana, salah satunya rumah hobbit. Jadi, pastikan untuk mengabadikan momen di sini juga.

Terakhir, yang memanjakan kaum perempuan, ada tempat belanja oleh-oleh juga. sebagian isinya adalah oleh-oleh khas Cimory baik merchandise maupun makanan olehan susu, juga makanan khas daerah. Jangan lupa juga, ada chocomory loh di sana. 
Jika Ayah/Bunda ke Cimory on The Valley dan membeli tiket terusan, lebih baik ke Dairy Farm terlebih dahulu lanjut ke Minimania supaya tidak mengambil jalan memutar. 

Merchandise khas CImory on The Valley
Toko oleh-oleh dan spot foto menarik

Tips Jalan-jalan bersama Anak ala Bunda Aruni

Jalan-jalan bersama anak pastinya bukan hal sepele, ya Ayah/Bunda. Meskipun sekadar tempat wisata yang tidak terlalu jauh. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, perhatikan kenyamanan anak. Jangan sampai demi keinginan orang tua, anak-anak yang sudah tidak nyaman tetap diajak pergi. Anak-anak yang sudah cukup besar bisa dipahamkan terlebih dahulu dan dikondisikan supaya nyaman.

Kedua, persiapkan segala pernak-pernik perlengkapan anak agar tidak kelabakan di jalan, dan pastinya lebih tenang saat traveling.

Ketiga, harus kompak dengan si Ayah untuk meng-handle anak-anak dan berbagai hal selama di perjalanan. 

Nah, itu dia cerita dan tips dari Bunda Aruni. Berhubung masih masa pandemi, harus lebih memperhatikan prokes, ya Ayah/Bunda. Dan sebelum pergi, sebaiknya survei dulu melalui akun media sosial atau website dan sumber informasi lainnya terkait tempat tujuan. Jika masih kurang aman untuk traveling, lebih baik tetap di rumah dan perbanyak aktivitas menarik bersama anak. 

Semoga bermanfaat, 

Salam, 


Tidak ada komentar untuk "Keliling Dunia di Minimania Cimory on The Valley Semarang"