Assalamu’alaikum, Ayah Bunda.
Masih bingung, mau wisata ke mana bersama anak-anak? Jika ada waktu sedikit longgar, wisata ke Cimory on The Valley Bawen Semarang bisa menjadi alternatif yang menarik. Di sini, selain bisa wisata kuliner dan belanja, ada wisata edukasi dengan melihat peternakan dan kebun yang di sediakan.
Cimory on The Valley Bawen Semarang berada di Jl. Raya Semarang – Solo. Tepat di pinggir jalan dan tidak jauh dari terminal Bawen. Jika dijangkau dari Kota Semarang hanya memakan waktu sekitar 45 – 60 menit.
Masuk ke area wisata Cimory, kita akan disambut oleh patung sapi yang berada tepat di tengah jalan. Ramah sekali dia menyambut para pengunjung *yaiyalah, patung ini*. Di sebelah kirinya ada toko pusat oleh-oleh yang menyediakan berbagai jenis makanan dan camilan khas, souvenir serta hasil olahan susu sapi produk asli Cimory. Hm... langsung terbayang rasa susu segar dan minuman yoghurt-nya.
Suasana restoran Cimory Bawen Semarang

Desain interior nuansa sapi
nemu Sapi imut ini di meja kasir 
Sebelum area taman, kita akan melewati area resto yang cukup luas, terdiri dari dua lantai dengan deretan meja kursi yang tertata apik. Nuansa hitam – putih khas motif sapi selalu ada di setiap desain interiornya. Nyaman sekali berada di resto ini. Pinggirnya terbuka sehingga bisa menikmati udara yang  sejuk dan melihat pemandangan yang berada di bawahnya. Rasanya seperti jauh dari kota, meskipun lokasinya tepat di pinggir jalan raya yang ramai.
Ayah Bunda juga bisa menikmati menu yang disediakan di restoran ini lho, mulai dari apetizer sampai dessert semuanya sangat lezat. Waktu itu kebetulan kami sarapan agak siang, jadi sampai Cimory masih cukup kenyang. Berhubung ingin mencicipi makanannya kami pesan minuman susu dan eskrim, cuma si Ayah yang sudah kelaparan dan memesan sup asam iga . Susunya segar sekali dengan aneka rasa yang ringan, tidak eneg dan ada tambahan jelly aneka rasa juga. Hm... it’s so delicious!
Aneka Minuman Susu dan Dessert
Main course
Setelah puas menikmati makanan, kami membeli tiket untuk pergi ke taman dan peternakan sapi. Yeay! It’s time to halan-halan momong Hasna. Ssst...! kalau beli tiket ke tempat wisata seharga @Rp.10.000 bisa dapat diskon waktu bayar makan lho!. Kami membeli 4 tiket dewasa karena dibawah usia 3 tahun free, dan dapat potongan 20% untuk makanan yang kami beli. Tapi, diskon nya sebelum ditambah PPN 10% dan service charge 5%. Lumayan lah, kalau dihitung-hitung jadinya masuk lokasi wisata Cuma bayar Rp.5.000.
Aneka Permainan Anak
Taman yang sejuk dan Indah langsung menyambut
begitu turun dari restoran
Begitu turun melewati tangga melewati restoran, kami langsung disuguhi pemandangan indah berbagai pepohonan yang tertata apik. Si kecil pun langsung antusias menuruni tangga, dan begitu melihat di sebelah kanan ada arena permaianan anak, ia pun menuju ke sana dan tidak mau beranjak.
Aneka Permaiana Anak dan angle yang instagramable
Baiklah, meskipun panas menyengat Ayah dan Bunda kudu jagain Hasna yang seseruan main perosotan. Gayanya sudah kayak anak TK yang sudah biasa pegang bermainan yang disediakan di sekolah.
Sapi Perah   
Setelah capek main perosotan, barulah ia mau diajak menjelajah lagi menuju kandang sapi. Karena capek, ayah nya jadi korban harus menggendong. Hehe. Menuju kandang sapi, melewati kanopi alami dari tanaman merambat. Sejuk, apalagi ada bungan-bunga yang bermekaran menggantung di kanopi itu.
Pemain Utamanya, Sapi Perah
Di kandang sapi, ada beberapa sapi yang akan diberi makan oleh penjanganya. Tempatnya bersih dan terbuka sehingga bau kotoran sapi tidak tarasa begitu menyengat. Pengunjung bisa melihat dengan dekat sapi-sapi yang ada. Hanya saja, untuk personal tidak ada pengalaman memerah sapi. Perah sapi dan tour peternakan lengkap hanya diperuntukkan bagi pengunjung rombongan. Kebetulan waktu itu kami bersamaan dengan rombongan anak-anak TK dari Kota pekalongan. Wah, heboh sekali mereka yang diiringi bundanya masing-masing.
Kami bertemu dengan mereka dua kali, saat sedang menunggu pesanan makanan dan saat bergantian shalat dhuhur. “Anak-anak sangat antusias melihat sapi dan berkesempatan memerah susu sapi” kata salah seorang bunda sambil tersenyum. “Apalagi pulangnya dapat nasi goreng dan minuman yoghurt Cimory. Ada fotografer yang berjualan juga, jadi kami bisa menebus foto kami” lanjutnya riang.
Wah, menarik sekali ya? Sekali-kali boleh lah kalau ada paket rombongan gini. Hihi. Mau ikut siapa ya? Sekarang Hasna belum sekolah, mungkin harus nunggu dia sekolah dulu beberapa tahun lagi.  
Ada yang tertarik? Dairy tour package Cimory
Berkebun di Cimory Farm
Beneran bisa berkebun? Hihi. Kalau kata salah seorang teman yang pernah ke sana sih bisa. Kebetulan waktu kami berkunjung sedang ada renovasi di beberapa bagian. Apalagi waktu mau tanya-tanya sama penjaganya ternyata sedang shalat. Yasudah, kami hanya berjalan-jalan di seputar kebun dan menjelaskan kepada si kecil tanaman apa saja yang ada di sana.
Suasana Cimory Farm
Setidaknya meskipun tidak praktik berkebun langsung, tapi kami bisa mengamati banyak hal. Mulai dari persemaian, tanah yang siap ditanamami, tanaman yang baru ditanam, tanaman yang masih bertumbuh, hingga yang sudah siap panen. Ada kangkung, sawi, cabai, dan kacang-kacangan.
Kebun Binatang Mini
Beneran ya, ada kebun binatangnya? Hm... Mini Zoo, Ayah Bunda. Selain ada Sapi Perah yang wujudnya persis seperti iklan susu dan ikon nya Cimory, di sebelahnya ada segerombolan Rusa Timor. Lalu ada aneka burung dan unggas, penyu, dll. Cukup banyak yang bisa menarik perhatian anak-anak.
Aneka Unggas dan Burung
Oia, ada juga burung Merpati Pos yang dutempatkan di kandang terbuka sehingga mereka bebas beterbangan di sekitar farm. Lucu sekali melihat tingkah mereka berjalan dan beterbangan dengan bulu putih bersih dan ekor yang mengembang cantik.
Setelah puas berkeliling Cimory Farm, bisa membeli aneka oleh-oleh di Chocomory dan toko oleh-oleh Cimory.  Dan yang penting juga dan sering menjadi perhatian saat pergi ke suatu tempat adalah toilet dan mushola. Maklum ya, bunda punya balita pasti akan disibukkan dengan urusan diapering dll apalagi dengan anak yang aktif menjelajah setiap hal yang dia temui. Well, toilet dan musholanya nyaman.
Toko Oleh0oleh dan Souvenir Cimory
Sembari menunggu atau bergantian shalat, si kecil bisa bermain di pinggir kolam melihat ikan-ikan berenang. Atau tak ada salahnya juga berfoto selfie/wefie bersama keluarga karena banyak sekali tempat yang instragama-able di sana.
Bagaimana Ayah Bunda? Tempatnya asyik, bukan? Tertarik ke sana? Jangan lupa jadwalkan dan pastikan semua keluarga dalam kondisi fit agar semua bisa menikmati. Ada baiknya juga jika ke sana siang hari, persiapkan segala hal karena di Cimory farm cukup terik meskipun udaranya sejuk.  
Semoga bermanfaat, Salam