5 Rekomendasi Wisata Keluarga di Semarang (My Wishlist)

Saat masih tinggal di Semarang dulu, saya mengagendakan keliling tempat wisata sebulan sekali bersama suami dan anak. Tempat yang kami tuju adalah tempat wisata alam, supaya bisa merasakan udara segar dan pemandangan hijau setelah sehari-hari bersahabat dengan udara panas dan pemandangan tembok depan rumah.

Banyak tempat wisata yang sudah kami buat daftarnya. Sayang, wishlist itu belum tercoret semuanya karena suami pindah tugas ke pulau Dewata. Well, saat mudik kami manfaatkan waktu sekaligus untuk piknik tipis-tipis menjelajah tempat yang belum pernah dikunjungi atau menuju tempat lama yang telah diperbarui.

Nah, ini dia 5 rekomendasi tempat wisata keluarga yang juga merupakan wishlist kami, semoga bisa jadi referensi buat Ayah/Bunda yang berencana ke Semarang juga. Selamat membaca!

1. Cimory on The Valley

Tempat wisata keluarga ini berada di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Jaraknya tak terlalu jauh dari Kota Semarang, hanya sekitar 30-45 menit diempuh dengan perjalanan normal. Lokasinya di pinggir jalan raya menuju Solo/Jogja.

Tempat ini menyajikan paket wisata edukatif untuk rombongan (misalnya sekolah TK) dan individu. Asyiknya lagi, biasanya pengunjung dapa diskon tempat wisata jika makan di resto Cimory dengan aneka sajian olahan daging sapi dan susu. Hm... sup buntut dan sosis kanzler-nya memang ngangenin. Juga aneka minuman susu segar aneka rasa khas Cimory.

Kami pernah berkunjung ke sana saat si Kakak berumur 2,5 tahun. Asyik sekali dia menjelajah berbagai tempat, meliha sapi dan beberapa hewan di sana. Menurut info, tempat wisata di Cimory on The Valley Semarang sudah semakin lengkap. Ada kandang kelinci yang bisa dimanfaatkan untuk anak-anak belajar berani dan sayang binatang dengan memberi makan kelinci, juga ikon berbagai negara dan kota yang menarik sebagai pengeahuan. Tentunya, tempatnya instagramable dan asyik buat foto-foto. Tak lupa ada juga pusat cokelat dan olahan yoghurt, Chocomory surga buat pencinta cokelat. 

Lengkap sekali bukan? Restoran dengan menu yang menggugah selera, witasa edukaif, pemandangan hijau yang menyejukkan mata, tempat oleh-oleh, dan udara yang sejuk.

Wisata keluarga Cimory on the valley Semarang
Si Kakak asyik melihat sapi


2. Dusun Semilir Ecopark 

Masih di seputaran Bawen Kabupaten Semarang, ada tempat wisata yang belum lama ini viral dan menjadi tujuan banyak orang. Pasalnya, desain interiornya unik, dengan konsep seperti kurungan (kandang) ayam.

Banyak area terbuka dan tempat foto menarik di sana. Belum lagi aneka kuliner tradisional juga disediakan di restonya. Ingin membawa oleh-oleh menarik untuk kerabat? Tempat ini juga menyediakan aneka souvenir unik yang cocok sebagai buah tangan untuk kerabat.

Baru-baru ini, Dusun Semilir juga meramaikan jagad maya wahana wisata berupa perosotan pelangi. Sangat layak untuk dicoba. Ya, yang terakhir inilah yang membuat saya makin penasaran untuk segera datang ke tempat menarik ini.

tempat wisata hits di Semarang
Dusun semilir, credit FB Wonderfull Indonesia


3. Taman Bunga Celosia

Mudik tahun 2019 yang lalu, saya berkesempatan ‘cuci mata’ ke Celosia 3, dengan tema Festival of Lights. Meskipun saya datang di siang hari bersama adik saya yang membawa bayi, masih ada tempat menarik yang bisa memanjakan mata. Sayangnya saat itu sedang dilakukan renovasi besar-besaran di Celosia 1, sementara Celosia 3 masih tahap penyelesaian meskipun sudah dibuka sejak idul fitri. Sekarang pastinya sudah jauh lebih cantik dan serasa tengah berada di Eropa.

Celosia 1, cikal bakal Taman Celosia adalah yang paling ingin saya kunjungi karena di sana berisi lebih banyak bunga dan berbagai bangunan ikonik kota dan negara lain. Ibaratnya sebelum bisa berkunjung ke negara asalnya, kita sempat berpose di bawah ikon negara tersebut, setuju Ayah/Bunda?

Taman bunga celosia, rekomendasi wisata semarang dan sekitarnya
asyik jelajah taman bunga warna-warni di Celosia


4. Tur Kota Lama

Meskipun telah hampir 10 tahun hidup di Semarang, saya belum pernah benar-benar ‘blusukan’ ke Kota Lama. Jangan tanya suami saya, beliau baru menginjakkan kaki ke Lawang Sewu setelah usianya seperempat abad. Maka ketika saya merengek untuk jalan-jalan ke Kota Lama, beliau selalu mencibir “apa enaknya sih jalan-jalan di sana?! Yang ada juga panas”. Padahal untuk yang suka wisata sejarah dan budaya seperti saya ini, mengunjungi tempat-tempat heritage adalah kebahagiaan tersendiri.

Oh ya, saya pernah mengikuti tur Keliling The Little Netherland dengan mobil double decker 'Semarjawi' bersama ibu-ibu dan anak-anak Komunitas Home Schooling Nusantara, namun hanya menjelajah sebagian dan sekilas. Saya masih sangat penasaran untuk mengulik Kota Lama kembali. Mungkin mengikuti virtual tour akan sedikit mengurangi rasa penasaran, ya! sementara sebelum bisa pulang kampung ke Semarang.

Kawasan kota lama semarang
salah satu sudut Kota Lama, lokasi syuting film 'Wage'

5. Keliling Kota Semarang dengan Bis Kafe

Bis kafe? Terdengar menarik bukan?

Yup! DreamBuz Cafe ini menawarkan wisata city tour sembari menaikmati hidangan ala resto dari dalam bis. Saya membayangkan sensasinya asyik sekali, meskipun dalam benak saya jadi terasa lucu gimana kalau sedang makan/minum bisnya tiba-tiba oleng atau ngerem mendadak? Hihi. Pastinya karena ini bis wisata dan salah satu agendanya adalah makan di dalamnya, tim kreatif dan sopir sudah mempertimbangkan persoalan ini.

Bis kafe akan membawa kita keliling Kota Semarang dan mengunjungi wisata hits di Kota Semarang seperi Kampung Pelangi, Sam Poo Kong, Masjid Agung Jawa Tengah, dan Kota Lama.  

wisata-keliling-kota-semarang-dalam-bis
Menikmati menu di DreamBuz Cafe diiringi karaoke
credit: Abi Khan

Bagaimana, Ayah/Bunda? Menarik bukan? Jadi jangan lewatkan tempat-tempat tersebut saat berkesempatan mengunjungi Kota Semarang dan sekitarnya.

Semoga bermanfaat,

Salam,

Tidak ada komentar untuk "5 Rekomendasi Wisata Keluarga di Semarang (My Wishlist)"