Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serba-serbi Market Day Anak Kelas 4 SD

Serba-serbi market day anak kelas 4 SD

Assalamualaikum, Ayah/Bunda

Kali ini mau sharing seputar kegiatan Market Day di sekolah si Kakak yang saat ini di bangku kelas 4 SD.

Kegiatan Market Day ini dilaksanakan dalam rangka implementasi tema pembelajaran tentang 'Pemenuhan Kebutuhan Hidup' pada semester 2 di kelas 4.

Sebenarnya, Kakak H sudah lama ingin ada kegiatan Market Day, apalagi beberapa bulan lalu dia melihat keseruan adiknya dalam kegiatan serupa di sekolah TK-nya. Memang sih, biasanya di TK tempat Kakak H sekolah juga ada kegiatan seperti ini, sayang waktu kakak TK masih pandemi, jadi tidak diadakan Market Day.

Begitu ada informasi seputar Market Day dari wali kelas, dia pun langsung heboh, berlanjut bingung mau menjual apa.

Rupanya, untuk kegiatan di kelas 4 ini, dibuat per kelompok. Tiap kelompok berjumlah kurang lebih 10 orang. Anggota kelompoknya telah diatur oleh wali kelas masing-masing. Anak-anak pun belajar untuk bermusyawarah menentukan aneka barang yang akan dijual, dan penanggung jawabnya.

Anak-anak membahas berbagai hal di sekolah, dengan bimbingan wali kelas masing-masing. 

Kakak H sebagai anggota kelompok 1 yang bernama "Chef Cilik" bertugas membantu rekannya yang menjual es aneka rasa. Teman-temannya yang lain menyiapkan aneka makanan yang akan dijual agar sesuai dengan tema kelompoknya, Chef Cilik, yang menjual aneka makanan enak.

Alur Jual/Beli saat Market Day

Alur ini diberikan oleh wali kelas sebagai informasi kepada wali murid dalam grup WhatsApp. Pastinya anak-anak sudah diberikan pemahaman saat persiapan menuju hari H Market Day.

1. Langkah paling awal adalah menghitung jumlah dari masing masing barang dagangannya dan mencatat pada lembar yang sudah tersedia.

2. Menata Komoditas pada meja. Barang yang dipajang sebagian saja agar semua jenis komoditas dapat terpajang dan tertata di meja. Sisa barang diatur di belakang meja sebagai stok.

3. Kasir Menyiapkan uang kembalian/susuk, kurang lebih Rp.30.000,-

3. Harga harus sudah tertera di barang.

4. Kasir ada 3, ada rekapan hasil penjualan.

5. Orang tua tidak perlu membantu anak anak di sekolah karena sudah ada Guru/wali kelas masing-masing yg mendampingi

Kami melihat keseruan acara market day dari WAG, koordinator kelas (korlas) yang hadir bersama wali kelas mendokumentasikan kegiatan dan mengirimkan foto serta videonya ke grup.

MasyaAllah, senang melihat anak-anak antusias mulai dari menyiapkan barang uang akan dijual, saling membantu saat berjualan, hingga menghitung hasil jualannya.

Pelajaran berharga untuk anak-anak, bahwa untuk mendapatkan uang dari hasil keringat sendiri, butuh kerja keras dan waktu. Semoga dengan kegiatan seperti ini, anak-anak semakin menghargai rezeki yang didapatnya dan belajar untuk survive seperti tema pembelajaran kali ini dan belajar untuk bermusyawarah untuk memecahkan masalah/menemukan solusi.

Terima kasih, untuk wali kelas, kepala sekolah, para guru, korlas, dan semua yang berpartisipasi dalam acara market Day anak kelas 4 SD ini.

Semoga bermanfaat,

Salam,

Posting Komentar untuk "Serba-serbi Market Day Anak Kelas 4 SD"