Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Ide Barang Jualan di Market Day Anak-Anak TK

Assalamu’alaikum, Ay/Bun. Seperi yang saya ceritakan sebelumnya, sekolah Kakak S mengadakan market day di puncak tema 2 bulan yang lalu. Saya sempat kebingungan mau membawa barang jualan apa. Karena berpikir si Kakak harus terlibat dalam pemilihan barang dan persiapan juga, kami memutuskan untuk membuat pudding. 

Sebenarnya, banyak ide lain yang menarik untuk dijual di Market Day anak TK. Umumnya, barang dijual dengan harga satuan 2 ribu rupiah. Namun, seringkali orang tua memilih untuk tidak menjadikannya sebagai ajang jual/beli, tetapi murni untuk pengalaman anak. Orang tua mengeluarkan lebih untuk sedekah dan nyenengin anak-anak. 

So, saya mencoba mengumpulkan 15 ide barang jualan yang menarik untuk anak-anak. Daftar ini berdasarkan pengamatan saya waktu anak-anak Market Day. Barang-barang dan makanan yang menjadi incaran anak-anak. Sengaja saya tidak banyak merekomendasikan makanan yang tidak mengandung gula berlebih atau zat aditif lainnya. Untuk range harga, karena untuk dijual seharga 2 ribu, saya hanya membuat list untuk harga 2-5 ribu rupiah. 

Inilah 15 Ide Barang Jualan Market Day Anak TK

1. Jus Buah

Jus buah atau minuman buah lainnya menjadi incaran anak-anak. Suasana di Market Day biasanya cukup crowded sehingga anak-anak pun kegerahan. Minuman segar akan sangat menarik perhatian mereka. Jika memilih ini, buatlah dengan buah segar, boleh ditambah gula/madu namun pastikan jangan berlebih. Hindari menggunakan sirup/minuman serbuk aneka rasa yang tinggi kandungan gula dan berbagai zat aditif lainnya. 

2. Bolpoin dan Pensil Lucu

Di Market Day Kakak S, bolpoin dan pensin lucu menjadi incaran anak-anak, cepat habis karena menarik. Carilah bolpoin dengan karakter lucu dan hiasan menarik di atasnya supaya anak-anak tak perlu berpikir ulang untuk membeli. 

3. Buku Tulis 

Meskipun buku tulis adalah perlengkapan biasa yang dipakai anak sekolah, ternyata banyak yang meliriknya. Pilih buku tulis dengan sampul karakter yang disukai anak-anak. 

4. Buku Agenda Mini

Sama halnya dengan buku tulis, anak-anak juga tertarik dengan buku agenda mini. Biasanya digunakan untuk bermain dan berlatih menggambar. Umumnya mereka juga tertarik karena karakter atau warna buku yang cantik. 

5. Brownies Karakter

Anak-anak umumnya suka dengan kue coklat seperti brownies. Ay/Bun bisa membuat brownies dengan takaran gula yang dikurangi dari resep normalnya. Cetak dalam Loyang karakter, atau buat brownies biasa lalu kemas secara menarik dengan plastic lucu. 

6. Susu UHT

Susu UHT apalagi saat dingin, juga menarik perhatian anak-anak saat cuaca gerah. Pilih susu UHT rendah gula juga ya, Ay/Bun. 

7. Buku Cerita Anak Bergambar

Tenang, banyak buku cerita anak bergambar dengan harga murah, tak sampai 4 ribu/eksemplarnya. Apalagi jika membelinya secara online dan dalam jumlah banyak.

8. Stiker

Anak-anak paling susah mengalikan perhatian dari barang-barang lucu seperti stiker. Harga stiker pun beragam, bahkan ada yang harga perlembarnya dibawah seribu rupiah. So, Ay/Bun bisa menyesuaikan dengan karakter kesukaan si Kecil lalu kemas menarik. Ay/Bun juga bisa mencetak stiker ke percetakan dengan desain sesuai selera. 

9. Penghapus Karakter

Umumnya anak TK masih baru belajar untuk menulis dan menggambar menggunakan pensil. Oleh karena itu, penghapus masih sangat mereka butuhkan. Pilih penghapus karakter yang lucu supaya anak-anak makin senang. 

10. Pudding Aneka Rasa

Umumnya anak-anak juga menyukai pudding aneka rasa dan warna. Ay/Bun bisa mengemas pudding dalam cup lalu menghiasnya dengan stiker, atau membuat pudding yang tampilannya cantik. Sebaiknya, pilih juga pudding yang tinggi kandungan gula. Jika masak sendiri, cukup terasa manis saja, jangan sampai kemanisan. Gunakan topping buah/sprinkle untuk menarik anak-anak. 

11. Sate Buah/Tanghulu

Makanan yang cukup viral beberapa waktu yang lalu, tanghulu. Tanghulu sendiri sebenarnya adalah salah satu makanan tradisional di China yang umumnya disajikan saat tahun baru imlek, juga digunakan sebagai hiasan. 

Tanghulu terbuat dari buah yang ditusuk dengan tusuk sate, lalu dicelupkan ke dalam caramel. Gula yang telah terkaramelilasi itu akan mengeras seperti kembang gula setelah beberapa saat. Sensasi ‘kriuk’ saat menggigit tanghulu menjadikannya disukai banyak orang. Gunakan buah segar seperti anggur, jeruk shantang, strawberry, dll. 

12. Sate Sosis Bakar

Sebagian orang tua mungkin melarang atau membatasi anak-anak untuk mengonsumsi makanan ultraproses seperti sosis. Tak apa jika sesekali, dan pastikan Ay/Bun tidak berlebihan dalam menambahkan saus atau zat tambahan lainnya. 

13. Pizza Mini

Pizza mini juga banyak dilirik anak-anak. Gunakan topping yang disukai anak misalnya potongan sosis, daging sapi/ayam cincang. Buat pizza mini yang tidak pedas sehingga lebih ramah anak, karena tak semua anak menyukai sensasi makanan pedas. 

14. Mainan Lukis Pasir

Mainan lukis pasir bermanfaat untuk memberikan stimulasi motorik halus anak. Mereka juga berlatik sabar, tekun, dan teliti untuk membubuhkan pasir warna ke atas kertas yang telah dilengkapi lem. 

15. DIY Set Mewarnai

DIY set mewarnai ukuran kecil, harganya cukup terjangkau, tak sampai 5 ribu rupiah. Anak-anak pun akan senang bermain mewarnai sepulang sekolah. 

Itu dia 15 ide barang untuk jualan saat Market Day anak TK. Sekali lagi, daftar di atas adalah berdasarkan pengamatan yang terjadi di sekitar saya. Ay/Bun bisa menjadikannya sebagai referensi atau sekadar pembanding jika Ay/Bun telah menentukan barang apa yang akan dijual anada saat kegiatan market Day di sekolah.

Semoga bermanfaat,

Salam, 

Posting Komentar untuk " 15 Ide Barang Jualan di Market Day Anak-Anak TK"