Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Servis Motor secara Rutin

pentingnya servis motor rutin

Assalamu’alaikum, Ay/Bun. Kendaraan itu ibarat senjata perang kita, bukan? Senjata yang membantu kita untuk menaklukkan hari. Mulai dari antar/jemput anak sekolah, membeli perlengkapan sehari-hari, belanja harian (jika tidak di tukang sayur keliling), untuk bekerja, dll. Kami kebetulan masih menggunakan sepeda roda dua. Setiap hari, kalau bisa ngomong mungkin dia sudah protes saking sibuknya diajak ke sana kemari. Untuk itu, sudah sewajarnya kalau kita rajin untuk melakukan servis motor kita secara rutin agar kondisi tetap prima dan nyaman digunakan. 

Manfaat Servis Motor secara Berkala

Ada beberapa manfaat servis motor secara berkala yang tentunya akan Ay/Bun rasakan manfaatnya  tersebut saat menggunakan si motor kesayangan khususnya jarak jauh. 

Menjaga Performa Kendaraan

Performa sepada motor akan terjaga dalam kondisi optimal jika kita melakukan servis berkala. Saat melakukan servis rutin, mekanik akan memerika kondisi kendaraan secara menyeluruh. Dalam istilah otomotif, servis disebut dengan istilah tune up, yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga performa kendaraan agar tetap prima.

Perawatan rutin saat servis berkala juga menurunkan risiko kerusakan parah pada komponen sepeda motor karena gejala permasalahan bisa dideteksi sejak dini. Sepeda motor pun tetap awet untuk waktu yang lama. 

Hemat Biaya

Servis secara rutin justru akan membuat kita hemat biaya karena komponen penting tidak mudah rusak. Jika jarang diservis, tahu-tahu banyak onderdil yang rusak, malah bikin anggaran jebol bukan? Kerusakan biasanya merembet ke komponen-kompenen lain.

Komponen Motor Terawat

Sepeda motor yang sering diservis seluruh komponennya seperti ban sepeda motor, rem, lampu lampu dan lainnya akan berfungsi dengan baik dan terawat. Komponen tersebut bisa punya usia pakai yang lebih panjang dan berfungsi dengan optimal.

Nyaman saat Berkendara

Berkendara dengan sepeda motor apalagi berboncengan dengan anak, tentu harus memperhatikan kenyamanan. Motor yang terawat akan terasa lebih nyaman dikendarai. Hal ini karena keseluruhan komponen bisa berfungsi dengan baik, perjalanan pun selalu lancar tanpa risiko permasalahan dari performa mesin dan komponen lainnya.

Lebih Irit Bahan Bakar

Karena seluruh fungsi masing-masing bagian mesin bekerja dengan baik dan terawat, pembakaran pada sepeda motor akan jadi sempurna. Hal ini tentu akan berdampak pada efisiensi penggunaan bahan bakar. Irit bahan bakar artinya irit anggaran, sisanya bisa ditabung atau dialihkan untuk keperluan lain. 

Usia Pakai Sepeda Motor Menjadi Lebih Panjang

Perawatan mesin yang dilakukan secara teratur akan mengurangi risiko kerusakan, terutama kerusakan yang disebabkan oleh kotoran/kerak akibat sisa-sisa pembakaran dan aktivitas mesin. Karena itu, sepeda motor yang dirawat seara rutin akan lebih awet. Kalau lebih awet, lebih puas pakainya, sebanding dengan harga yang dikeluarkan untuk membelinya. 

Daya Jual Tinggi

Ingin berganti sepeda motor, tak jadi masalah bagi yang rajin servis motor. Motor yang rutin mendapat perawatan, kondisi dan performanya terjaga. Tampilannya pun lebih bersih dan rapi.

Baru-baru ini adik saya menjual motor sistem kopling-nya untuk berganti motor matic. Kurang lebih 2 tahun pemakaian (sebelumnya dia juga beli motor second), dia bisa menjual motor itu lebih mahal dari harga belinya. Selain itu, dapat motor matic dengan harga di bawahnya. Alhamdulillah, ada sisa buat nambahin biaya kebutuhan kuliah dan pesantren.

Bagian yang Harus Diperhatikan saat Servis Rutin

Oli Mesin dan Oli Gardan

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Umumnya, disarankan untuk mengganti oli mesin setelah mencapai pemakaian 2.500 KM. Sedangkan oli gardan berfungsi sebagai pelumas bagian kontak gigi di box gardan.

Oli mesin disarankan untuk diganti setelah mencapai pekaian dengan jarak 2.500 KM, dan oli gardan diganti setelah 2x penggantian oli mesin. Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km. Artinya, penggunaannya bisa 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Tampilan Motor

Biasanya, mekanik akan melakukan pengecekan pada bodi motor. Misalnya ada bagian yang lecet, penyok, ban sudah halus dan butuh diganti, dll. Tentunya, untuk pengerjaannya sesuai dengan persetujuan pemilik motor. 

Suara Motor

Pengecekan suara motor berkaitan dengan kondisi mesin/komponen bagian dalam. Jika ada kemungkinan kerusakan, akan dilanjutkan dengan pengecekan bagian mesin. 

Kelayakan Fitur

Selain ketiga hal di atas, mekanik juga biasanya melakukan pengecekan pada fitur-fitur sepeda motor, misalnya lampu, klakson, kampas rem, dll)

Rekomendasi bengkel Servis Motor Terbaik

Biasanya Ay/Bun servis motor di bengkel mana, nih? Nah, sekarang ada rekomendasi bengkel terbaik, lho! Yaitu Planet Ban. 

Di Planet Ban, kita akan mendapatkan layanan servis motor rasa baru, dengan sistem terpadu. Sistem ini fokus pada pemeriksaan dan perbaikan servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

servis motor di bengkel Planet Ban

Keunggulan Melakukan Servis di Planet Ban

Servis Motor Rasa Baru

Jika Ay/Bun melakukan servis motor di Planet Ban, pasti menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet (jarang rusak). Selain itu juga menyediakan sparepart asli, yang jika dipadukan dengan servisnya akan membuat kendaraan terasa lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.

Lebih Hemat

Ganti oli di Planet Ban, disarankan setelah mencapai jarak tempuh 5000 KM, karena menggunakan oli dengan  teknologi mutakhir. Kalau biasanya harus sering bolak-balik buat ganti oli, sekarang cukup 4-6 bulan sekali. Asyik, dong! Kuy! Mari merapat bagi yang mau ganti oli motor matic.

Biaya servis juga terbilang sangat terjangkau. Contohnya, untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,- 

Ramah Lingkungan

Servis motor di Planet Ban dengan teknologi servis rasa baru, membuat mesin jauh lebih prima. Kondisi ini bisa menurunkan emisi hingga 70% dan lebih hemat BBM. Memang wajib banget kita menjaga lingkungan, minimal dari hal-hal yang mudah dan dekat dengan keseharian kita seperti servis rutin motor. 

Semoga dengan bahasan mengenai pentingnya servis motor secara rutin berkala dan rekoemndasi bengkel terbaik, bisa menjadi referensi buat Ay/Bun untuk perawatan motor. 

Semoga bermanfaat, 

Salam, 


19 komentar untuk " Pentingnya Servis Motor secara Rutin"

  1. Emang berasa loh bedanya antara motor yang diservis rutin sama yang engga

    BalasHapus
  2. Ha ah bener banget, performa motor tergantung perawannya ya.

    BalasHapus
  3. Aku juga lebih suka melakukan servis rutin bulanan, mbak. Biaya yang dikeluarkan jadi nggak terasa, dari pada harus beli sejumlah komponen yang rusak akibat jarang di servis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sampai beli sparepart tuh nyesek atii 😭

      Hapus
  4. Memang benar, Kak melakukan service motor secara rutin itu sangat perlu untuk dilakukan

    BalasHapus
  5. Planet ban ini bisa jadi pilihan alternatif terutama buat yang malas antre. Soalnya kalau servis di sini jarang antre, cabangnya udah banyak, terus pengerjaannya juga cepet banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, memang recommended ya Kak. Kalau nggak pakai antre lama dan pengerjaan juga lebih cepat, efisien banget jadinya

      Hapus
  6. Setuju Rin, servis motor memang sangat penting dan tak kalah pentingnya adalah pemilihan tempat servis yg tepat. Terimakasih sharing infonya ya..

    BalasHapus
  7. Bengkel Plane Ban recommended banget, ya.
    Servis rutin banyak manfaatnya, selain kenyamanan juga berpengaruh ke safety

    BalasHapus
  8. Penting banget sih rajin service sepeda motor agar selalu tampil prima, ya

    BalasHapus
  9. Setuju suara motor yang dirawat berkala itu nggak berisik, wkwkwkk. Dan motor matic ku yang dijual dulu pun harganya juga bagus karena perawatan yang ritin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang harus open ya Mbak kalau punya sesuatu

      Hapus
  10. Pernah servis di planet ban, meski kadang antri tapi teknisinya gercep abis jadi bisa ditunggu ditempat. Btw, makasih artikelnya mba...jadi keinget untuk servis motor.

    BalasHapus
  11. Kalau ada yang hemat pastilah mau banget kayak di planet ban ini, apalagi tiap bulan kan kudu rajin ya mba. Dengan planet ban malah jauh lebih hemat

    BalasHapus
  12. Wab baru tau bisa servis motor juga di planet ban. PadHal deket rumah ada lho insyaallah next servis nyobain ah kr planet ban

    BalasHapus