Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jelajah Butterfly Park Bersama Anak-anak

tips kunjungi butterfly park bersama anak-anak

Mengajak anak-anak ke tempat wisata alam seperti Butterfly Park membutuhkan banyak persiapan. Banyak hal dan printilan yang harus disiapkan sedemikian rupa oleh Ay/Bun supaya kegiatan wisata edukasi ini berjalan dengan baik. Orang tua juga harus memastikan anak-anak dalam kondisi prima supaya tidak terjadi hal-hal di luar kendali selama perjalanan. Apa saja tips untuk mengajak anak-anak wisata edukasi ke taman kupu-kupu? Cekidot!

Inilah Tips Kunjungi Butterfly Park Bersama Anak-anak

Persiapkan Anak dan Sounding Sebelum Perjalanan

Sebelum memutuskan untuk berwisata edukasi menjelajah taman Kupu-kupu alias Butterfly park, Ay/Bun harus memastikan anak-anak tidak takut dengan ulat dan kepompong khususnya. Karena ulat lah yang akan berubah menjadi kupu-kupu, maka di penangkaran pasti akan ada ulat di pohon inangnya. Sedangkan kepompong dan kupu-kupu muda biasanya berada di kandang khusus sehingga ada pilihan untuk masuk/tidak. 

Setelah itu, anak-anak juga perlu dipersiapkan dan disounding beberapa hari sebelum perjalanan. Apa saja yang akan mereka temui, apa yang harus disiapkan, adab-adab yang harus diperhatikan oleh anak-anak, dan sebagainya. Hal ini bisa disesuaikan dengan kondisi keluarga masing-masing, Ay/Bun. 

Mempersiapkan segala sesuatu termasuk bekal makanan dan minuman kesukaan anak-anak akan memberikan kenyamanan kepada anak sehingga mereka akan lebih menikmati perjalanan. 

Siapkan Lotion antinyamuk/Minyak Telon

Meskipun butterfly park adalah tempat wisata alam buatan, nuansanya benar-benar alami. Aneka pepohonan ditanam sebagai inang ulat yang akan menjadi kupu-kupu. Ekosistemnya pun dibuat serupa mungkin dengan habitat kupu-kupu. 

Dampaknya, akan banyak juga serangga dan nyamuk yang beterbangan di sekitar kebun. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan anak, sehingga Ay/Bun perlu menyiapkan losion antinyamuk sebelum memasuki kebun atau membawa minyak telon untuk mencegah dan mengatasi gigitan nyamuk/serangga. 

Menggunakan Jasa Tour Guide jika Tidak Include HTM

Ada sebagian taman kuku-kupu yang menyediakan tour guide gratis untuk semua pengunjung, seperti di Butterfly Park Tabanan. Kita bisa menanyakan terlebih dahulu kepada petugas di lapangan, apakah tersedia tour guide atau tidak. Jika tidak ada baik gratis maupun sewa jasa, bisa mengambil informasi sebanyak-banyaknya dari papan informasi atau brosur yang disediakan. 

Keuntungan menggunakan jasa tour guide, kita bisa menggali informasi mendetail di setiap tempat yang dilewati dan bisa melewati rute yang paling pas. 

Buku ensiklopedia kupu-kupu

Membawa Buku Ensiklopedia Kupu-kupu 

Mengunjungi taman kupu-kupu akan lebih seru dan menambah rasa penasaran anak-anak jika sebelumnya mereka telah mempelajari hal-hal seputar kupu-kupu melalui buku ensikopedia. Di lokasi, anak-anak bersama orang tua bisa mencocokkan apa yang mereka lihat dengan penjelasan di buku. Menarik, bukan? Liburan jadi lebih mengasyikkan. Refreshing sekaligus belajar memang pilihan tepat untuk mengisi waktu liburan. 

Kegiatan outing atau wisata edukasi seperti sangat seru dan mengasah berbagai kecerdasan anak mulai dari kecerdasan kinestetik, melatih kesabaran, fokus pada tujuan, teliti memperhatikan hal-hal kecil, dll. 

Semoga tips mengunjungi taman kupu-kupu bermanfat untuk Ayah/Bunda.

Salam, 

1 komentar untuk " Tips Jelajah Butterfly Park Bersama Anak-anak"

  1. Liburan sekolah sudah tiba waktunya membawa si kecil ke taman bermain, pas banget ini butterfly park. Buat penyuka kupu-kupu pas banget ini untuk mengenal berbagai macam serangga terbang satu ini. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus