Tips Memilih Gamis Anak yang Benar dan Nyaman Dipakai

5 tips memilih gamis anak yang benar dan nyaman dipakai

Assalamu’alaikum, Ayah/Bunda. Menjelang ramadan, apakah sudah mulai mengumpulkan gamis anak dan busana lebaran lainnya? 

Sebenarnya, kini, gamis anak tidak hanya cocok dipakai ketika lebaran saja. Banyak produsen seperti Yuasa Renza, Kamiidea, Ailatu Fashion dan berbagai brand lainnya yang menawarkan gamis anak dengan model yang lebih santai, sehingga bisa dipakai untuk harian atau liburan. Namun, karena begitu banyak model pilihan yang ditawarkan, wajar saja jika Ayah/Bunda menjadi bingung ketika memilihnya.

Berikut Tips Memilih Gamis Anak

Supaya tidak salah pilih, berikut ini tips memilih gamis anak yang nyaman dipakai, diantaranya yaitu :

1. Memilih Bahan yang Nyaman Digunakan

Poin pertama yang harus Ayah/Bunda perhatikan ketika akan membeli gamis anak adalah pemilihan bahan yang nyaman. Banyak sekali bahan yang digunakan untuk membuat gamis anak, namun bahan yang paling sering ditemukan di pasaran adalah katun. Kualitas bahan katun memang tidak perlu diragukan lagi. Teksturnya yang lembut dan ringan sudah tentu membuat anak nyaman ketika memakainya. Apalagi, gamis dari bahah katun tergolong mudah menyerap keringat. Dengan begitu, anak tidak akan merasa pengap atau panas ketika beraktivitas.

Untuk itu, Ayah/Bunda juga perlu mengenal jenis-jenis bahan pakaian dan bagaimana sifatnya. Terlebih saat berbelanja secara online dan tidak bisa memegang langsung kainnya, sudah ada gambaran apakah gamis anak yang dibeli akan terasa nyaman atau tidak. 

2. Memeriksa Ukurannya

Poin kedua yang harus dilakukan ketika memilih gamis anak adalah memeriksa ukurannya. Di luar sana, terdapat beberapa produsen yang memiliki penulisan size chart yang berbeda. Ada gamis berukuran standard XS – XXL, namun ada juga yang menuliskan ukuran berdasarkan usia 0 bulan hingga 12 tahun, misalnya. 

Oleh karena itu, kita harus memastikan terlebih dahulu size gamis yang sesuai dengan ukuran si Kecil. Jangan memilih gamis yang terlalu panjang karena dapat menyulitkan anak ketika berjalan, bahkan si Kecil bisa terjatuh ketika memakainya. Namun, hindari juga memilih gamis yang terlalu kecil dan sempit karena tentunya akan membuat anak tidak nyaman memakainya.

Terlebih dahulu ukur tinggi badan dan lingkar dada/lingkar pinggang anak. Terutama pakaian dengan patokan usia, sangat tidak disarankan membeli tanpa mengetahui ukuran pastinya. 

3. Sesuaikan Jenis Gamis dengan Gender Anak

Gamis anak dibagi menjadi dua jenis yaitu gamis anak perempuan dan gamis anak laki laki. Tentunya, kedua jenis gamis tersebut memiliki perbedaan dan kelebihan masing masing. Gamis anak perempuan lebih banyak detail hiasan yang imut dan cantik. Sedangkan, gamis anak laki-laki modelnya minimalis dengan kesan islami yang kuat. 

4. Memilih Satu Set, Lebih Praktis dan Ekonomis

Kini, ada banyak produsen yang menawarkan gamis anak setelan. Biasanya untuk produk anak perempuan terdiri dari gamis yang dilengkapi dengan kerudung. Sedangkan, produk untuk anak laki laki terdiri dari gamis dan peci. Biasanya, setelan kerudung atau peci tersebut memiliki warna serta corak yang senada dengan baju gamisnya. Dengan memilih gamis set ini, Ayah/Bunda tidak perlu repot lagi mencari kerudung dan peci untuk melengkapi gamis si kecil. Selain itu, rata rata harga gamis set ini juga lebih ekonomis.

5. Mengajak Anak untuk Memilih Gamis yang Akan Dibeli

Memilih gamis yang tepat untuk anak memang bukan perkara mudah. Jika kita hanya asal memilih gamis tanpa mengetahui selera anak, kemungkinannya si Kecil tidak suka dan enggan untuk memakainya. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengajak anak memilih gamis yang akan dibeli.

Jika Ayah/Bunda berencana akan membeli gamis secara langsung, maka bisa mengajak si Kecil

pergi bersama ke toko terdekat, lalu mencoba gamis yang dipilih. Namun, jika merasa lebih nyaman membeli gamis anak lewat e-commerce, perlihatkan pada si Kecil beberapa produk yang bagus melalui gambar untuk dipilihnya. Jangan lupa juga untuk mengarahkan anak memilih gamis dengan bahan yang nyaman dipakai dan ukuran yang tepat.

Semoga bermanfaat, Ayah/Bunda! 

Selamat berburu gamis anak untuk ananda tercinta.

Salam, 


Tidak ada komentar untuk " Tips Memilih Gamis Anak yang Benar dan Nyaman Dipakai"