Faber-Castell Creative Art Series Ciptakan Kegiatan Seru Bersama Anak

soft launching faber-castell creative art series
Dokumentasi pribadi

Atasi Kejenuhan BDR dengan Aktivitas Kreatif Bersama Anak

Assalamu’alaikum, Ayah/Bunda. Adakah yang tidak mengalami kejenuhan selama sekolah online?

Jenuh dengan aktivitas belajar di rumah/BDR dialami oleh hampir semua anak dan orang tua, tak terkecuali saya. Kejenuhan itu membuat aktivitas harian menjadi makin ruwet. Bagaimana tidak? jenuh membuat orang serumah kurang bersemangat, rentan stres, dan memicu emosi. Tugas sekolah terhambat, pekerjaan rumah tangga pun jadi terbengkalai.

Akibatnya, screen time menjadi tidak terkontrol. Jika dulu anak saya hanya boleh nonton youtube maksimal 30 menit, sekarang saat mereka jenuh pasti merengek nonton. Apalagi di saat saya harus mengerjakan urusan domestik atau menulis di depan laptop, anak-anak jenuh di rumah terus-menerus, pelariannya adalah nonton TV dan youtube.

Saya pun mencoba bersepakat dengan suami untuk mencari alternatif kegiatan lain. Sebelum pandemi, anak-anak biasa ke taman kota. Sekarang tidak bisa lagi karena taman masih ditutup. Mau tak mau harus lebih kreatif dan meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan bersama.

Pucuk dicinta ulam tiba, Faber-Castell akan me-launching produk barunya berupa Creative Art Series yang sangat mendukung kegiatan kreatif bersama anak selama pandemi. Saya pun tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini sebagai alternatif kegiatan yang seru bersama si Kakak. Apalagi dia juga memiliki minat terhadap kegiatan seni seperti mewarnai dan crafting.

Soft Launching dan Workshop Faber-Castell Creative Art Series: Seru dan Nagih!

“Bunda! Ini tasnya untuk kita warnai, bukan?” tanya Hasna, anak pertama saya saat saya sedang unboxing satu paket ‘Coluring Your Own Tote Bag’.
“Iya, Kak.”
“Yuk, kita warnai sekarang aja!” teriaknya antusias.

Wajahnya terlihat kecewa saat saya mengatakan tidak bisa langsung diwarnai karena masih menunggu jadwal workshop.
“Nanti kita warnai sama-sama, Kak. Ada yang ngajarin,” saya mencoba menenangkan.

Ia pun kembali ceria. Tak sabar menanti kapan akan bermain-main dengan cat warna-warni. Setiap hari dia bertanya dan membongkar ulang box itu.

Akhirnya, pada 6 Februari yang lalu kami berkesempatan mengikuti workshop Creative Art bersama Faber Castell. Si Kakak sudah bersiap dan antusias sekali. Hari H, dia tak sabar menunggu sejak pagi, dan sudah heboh mengabari teman-temannya kalau dia akan melukis tas bersama bunda.

produk creative art series faber-castell yang mendukung kegiatan di rumah saja
Sumber gambar: Faber-Castell


Faber-Castell Creative Art Series

Ayah/Bunda pastinya sudah sangat akrab dengan merek Faber-Castell, ya? bahkan mungkin ada di antara Ayah/Bunda pembaca yang merupakan pelanggan setia.

Faber-Castell didirikan oleh Kasper Fabel sejak tahun 1761 di Jerman, dan merupakan perusahaan tertua di industri alat tulis. Selain di Jerman, Faber-Castell diproduksi di 9 negara dengan kantor pemasaran di 23 negara, dan produknya dipasarkan di 120 negara. Karyawannya mencapai 9000 orang baik di Jerman dan di seluruh dunia.

Dari waktu ke waktu, Faber-Castell selalu berinovasi dan menghadirkan produk terbaik di kelasnya untuk menulis, menggambar, desain kreatif, dan pensil kosmetik. Perusahaan ini juga berkomitmen untuk menjaga dunia tetap hijau dengan menghadirkan proyek hutan lestari di Brazil dan Colombia. Hutan dengan luas kurang lebih 13.000 Ha itu merupakan salah satu sumber bahan baku pembutan pensil.

Salah satu inovasi yang sangat kekinian dan menjawab kebutuhan masyarakat khususnya di Indonesia saat ini adalah Creative Art Series.

“Faber-Castell Creative Art Series, merupakan jawaban bagi para orang tua untuk bereksplorasi bersama, karena produk ini dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan tidak hanya bagi anak, namun orang tua/keluarga dan juga dewasa, termasuk para tenaga pengajar, hal ini karena sudah di sesuaikan dengan Kurikulum 2013,” ujar Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen.


Faber-Castell Creative Art Series, untuk saat ini terbagi menjadi produk yakni Stone Deco Art, Colour Your Own Tote Bag, Origami Fashion Design, 3D Art Frame, Make Your Own Kite, dan Air Jet Sport Car. Kita bahas satu-persatu, ya!

1. Creative Art Series - Stone Deco Art

Produk ini cocok untuk anak-anak dan remaja, dengan kegiatan utama melukis dan mewarnai.
Dalam satu paketnya berisi batu berbagai bentuk sebanyak 8 buah sebagai media lukisnya, permanent marker warna hitam, 2 set cat akrilik, palette untuk media mencampur warna, kuas, dan booklet.

Manfaat dari kegiatan melukis dengan media batu ini sangat banyak, di antaranya mendekatkan anak dengan benda-benda alam, mengembangkan imajinasi dan kreativitas, dan anak pun mengenal media lukis baru yang antimainstream.

2. Creative Art Series - Colour Your Own Tote Bag

Seri inilah yang kami coba dalam launching Creative Art Series. Dalam box berisi 1 buah tote bag warna putih yang sudah dilengkapi dengan sketsa gambar burung hantu aka Owl yang lucu, 1 buah pallete, 2 paket cat akrilik 4 warna (merah, biru, kuning, putih), 1 brush, dan booklet.

Paket creative art series Colour Your Own Tote Bag
Isi dalam 1 paket
Creative Art Series Colour Your Own Tote Bag

Terasa sekali manfaatnya saat bersama si Kakak bergantian mewarnai si Cute Owl itu. Anak-anak belajar untuk mencintai lingkungan dengan membawa tote bag saat akan berbelanja atau bepergian. kegiatan ini juga akan mengembangkan imajinasinya, bagaimana dia memutuskan untuk memilih warna tertentu (meskipun kemarin kami memutuskan untuk mengikuti saran Mbak Yayuk, sebagai fasilitator worksop) si Kakak tidak mau memilih warna sendiri.

kegiatan mewarnai tote bag bersama anak
Hasil mewarnaai Bunda dan Kakak

Anak-anak juga belajar untuk mencampur warna dengan cat akrilik, dan tentunya, menambah bonding dengan orang tuanya. Saat itu kebetulan ayahnya juga sedang di rumah, jadi kami bagi tugas. Saya dan si Kakak ikut workshop, ayah menjaga adik yang sebenarnya ingin ‘lukis-lukis’ juga, dan membantu mengabadikan momen itu.

Alhamdulillah, siang hingga sore yang seru, menyenangkan, dan memorable banget meskipun tak lepas dari ‘drama’ juga di rumah. Si Kakak pun sangat bangga membawa tote bag hasil karyanya. Berkali-kali ia ‘pamer’ ke teman-temannya, bahwa gambar burung hantu di tas itu diwarnai berdua olehnya dan bunda. MasyaAllah! Hati Bunda meleleh.

Bangga menggunakan hasil kreasi sendiri
Kakak bangga dengan hasil karyanya

Rupanya, karena kualitas acrylic colour-nya Faber-Castell itu bagus, warnanya hidup dan tidak boros diaplikasikan. Jadi, selesai mewarnai 1 Owl itu, masih tersisa catnya. Si Kakak dan adik pun nagih ingin melukis lagi. Jadilah esoknya ayah membelikan kuas untuk kakak dan adik, lalu main-main campur warna lagi dan melukis di tas belanja lain yang tersedia di rumah. Seru!

Saya sudah lama sekali tidak memegang kuas dan bermain dengan kuas, tetapi kualitas grip brush-nya yang baik sangat membantu. Bantalannya pas di jari dan berfungsi supaya tidak licin. Nyaman banget di tangan meskipun tangan kaku karena belum terbiasa dengan kuas. Bagian bulu kuasnya juga berkualitas, tidak mudah rusak meskipun telah dipakai berkali-kali.

grip brush faber-castell
Faber-Castell Grip brush, super comfy!

3. Creative Art Series – Origami Fashion Design

Meskipun seri ini ditujukan untuk anak dan remaja, saya sebagai emak-emak juga penasaran dengan produk satu ini. rasanya bakal seru sekali melipat-lipat kertas origami menjadi desain busana yang cantik.
Untuk seri ini berisi template dalam kertas BC ukuran A5 sebanyak 8 pcs, origami knitting pattern 1 set 15x15cm, colour pencil set 1, lem UHU Stic 8.2gr, booklet tutorial dan referensi.

Di sini, anak akan berlatih dan  berimajinasi dalam fashion art, mencoba mix and match warna dalam fashion, belajar teknik mewarnai, dan kegiatan melipat-lipat akan membuat tangan dan otaknya bekerja.

melatih kreativitas anak remaja
Origami Fashion Design, sumber gambar: Faber-Castell

4. Creative Art Series - Air Jet Sport Car

Anak Ayah/Bunda senang bermain mobil-mobilan? Seri ini pastinya akan cocok untuk ananda.  Berupa mainan bentuk mobil sport yang terbuat dari kardus, yang bisa dijalankan dengan tiupan angin dari balon. Kegiatan yang dilakukan ananda adalah mewarnai dengan acrylic colour.
Kegiatan ini juga sesuai dengan kurikulum sekolah kelas 3, berupa membuat prakarya dari barang bekas.
Perlengkapan yang tersedia berupa  8 tubes of Acrylic Colours, 1 grip brush, 1 pc UHU All purpose 20ml, car parts, dan booklet.

5. Creative Art Series - 3D Art Frame

Anak-anak akan bangga dan bahagia ketika hasil karyanya dipajang di rumah. Menyesuaikan dengan hal ini, tersedia frame foto atau gambar dari kertas karton duplex yang dibuat dengan teknik 'papertole' sehingga menghasilkan efek 3D. Selesai kegiatan, pasang foto keluarga atau karya anak di frame ini dan pajang di dinding atau di lemari kaca. Anak pun akan merasa dihargai dan menjadi lebih percaya diri.

Kegiatan ini cocok dengan kurikulum sekolah SD Kelas 1 dan 2, mengenal bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi.
Alat dan bahan dalam seri ini berupa 3 pcs tripen glitter, 3 pcs fineliner permanent, 1 pc UHU all purpose 20ml, frame materials dan booklet

6. Creative Art Series - Make Your Own Kite

Mengenalkan anak-anak dengan mainan tradisional juga kegiatan yang menyenangkan. Terlebih saat musim kemarau dan anak-anak senang bermain layang-layang. Bagaimana jika anak diajak membuat layang-layang sendiri? aih, saya membayangkan binar matanya saat membuat dan berusaha menerbangkan layangan hasil karyanya sendiri.

Material yang disediakan dalam paket ini dapat dijadikan untuk  membuat 2 jenis layangan yang berbeda. kegiatan membuat layangan sesuai dengan kulikulum SD Kelas 5, mengenal kerajinan tangan daerah. 

Apa saja yang tersedia di paketnya? Ini dia: 1 pc conpen Set 10, 1 pc UHU all purpose 20ml, 2 set of kite parts, dan booklet.
“Hal unik lainnya dari produk Creative Art Series ini adalah setiap pembeli berhak mengikuti workshop Faber-Castell yang berkaitan dengan jenis produk yang dibeli secara cuma-cuma. Biasanya workshop seperti ini berbayar dari Rp 60.000,- sampai  Rp. 150.000,- ini menunjukkan komitmen Faber-Castell untuk memberdayakan masyarakat dalam berkreasi seni dan bukan sekadar menjual produk,” lanjut Richard.

Bagaimana, Ayah/Bunda? Menarik semua bukan keenam produk Creative Art Series Faber-Castell ini? produknya memang ditujukan untuk anak-anak dan remaja, tapi tak menutup kemungkinan usia di atasnya pun bisa mencoba dan mengikuti workshop. Orang tua, pengajar, dan siapapun boleh mencobanya.

Workshop online faber-Castell Creative Art Seris
Keseruan saat workshop online Creative Art Series

Manfaat Aktivitas Seni untuk Tumbuh Kembang Anak

“Produk Creative Art Series Faber-Castell cocok digunakan bagi anak-anak usia pra sekolah hingga anak-anak usia sekolah dasar. Produk tersebut dapat untuk menstimulasi perkembangan anak, dalam hal pengamatan, emosional dan sosial serta motorik halus.” (Dr. Aisah Indati)
Kegiatan seni kreatif sangat bermanfaat sebagai stress release terutama bagi orang dewasa. Saya sendiri telah membuktikannya dalam aktivitas mewarnai. Biasanya saya mewarnai buku colouring for adult menggunakan pencil warna dari Faber-Castell.

Kegiatan seni juga sangat besar manfaatnya bagi tumbuh kembang anak. hal ini dijelaskan oleh psikolog perkembangan Universitas Gadjah Mada, Dr.Aisah Indati, M.S., Psikolog; yang menjadi salah satu narasumber dalam soft launching Faber-Castell Creative Art Series menambahkan bahwa masa kanak-kanak merupakan masa bermain, dimana pada masa itu merupakan masa keemasan (golden period).

“Pada masa keemasan ini dibutuhkan beberapa stimulasi dari lingkungan sekitar, supaya anak mengalami perkembangan yang optimal. Perkembangan yang optimal, akan tercapai apabila anak memperoleh stimulasi yang bervariatif, seperti misalnya stimulasi yang bersifat motorik, emosi, sosial, serta pengamatan,” lanjut Indati.

Aisah Indati menjelaskan, pengamatan yang dimaksud, karena anak belajar mengamati beragam warna dan bentuk yang ada dalam produk Creative Art Series Faber-Castell.  Hal ini akan memacu inisiatif dan kreativitas anak.

Ayah/Bunda pasti juga sudah mengenal adanya ragam kecerdasan yang dimiliki seorang anak. Ada Multiple Intelligence menurut Gardner dalam buku ‘Emotional Intelligence Science and Myth’, yaitu:
  1. Linguistic intelligence (Kecerdasan Bahasa)
  2. Spatial intelligence (Kecerdasan Visual/Spasial)
  3. Logical-mathematical intelligence (Kecerdasan Logika matematika)
  4. Musical intelligence (Kecerdasan Musik)
  5. Bodily kinesthetic intelligence (Kecerdasan kinestetik)
  6. Interpersonal intelligence (Kecerdasan untuk berhubungan dengan orang lain)
  7. Intrapersonal intelligence (Kecerdasan untuk mengelola diri sendiri)
  8. Naturalist intelligence
Di sini, mencakup semua aspek tumbuh kembang anak yaitu aspek fisik, kognitif, bahasa, emosi, dan sosial.
Kecerdasan interpersonal dan intrapersonal termasuk ke dalam kecerdasan emosional.
Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali dan mengekspresikan emosi, mengasimilasi emosi dengan pikiran, berpikir dan menalar dengan emosi, dan meregulasi emosi diri sendiri dan orang lain. (Buku ‘Handbook of Intelligence’)
“Dari sisi emosi dan sosial yakni saat anak bereksplorasi dengan produk, salah satunya melalui proses mencampur berbagai macam warna, hal tersebut mengasah kepekaan emosi (yang melibatkan kreativitas dan inisiatif), serta interaksi sosial anak. Sementara stimulasi motorik halus diperoleh saat anak bereksplorasi menggunakan media pewarna, craft, maupun kertas origami, akan melatih kepekaan motorik halus dalam diri anak,” jelas Indati.

Beliau juga menambahkan bahwa kecerdasan emosi ini akan sangat besar pengaruhnya untuk jangka panjang, untuk masa depan anak, bukan hanya saat ini. untuk itu, orang tua harus berproses memperbaiki jika saat ini kecerdasan emosinya masih rendah.

Bagaimana anak bisa memperoleh kecerdasan emosionalnya? Yakni dengan menciptakan lingkungan yang sehat, mendukung tumbuh kembangnya, dan memberikan stimulasi-stimulasi. Kegiatan yang bisa dilakukan sebagai stimulasi di antaranya kegiatan seni seperti menggambar dan mewarnai.

Indati juga menjelaskan bahwa dalam teori kecerdasan emosional di bukunya yang berjudul Buku Handbook of Intelligence, Goleman menjabarkan seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang baik, akan mendorong lahirnya kemampuan dalam memahami emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri,  memahami emosi orang lain, serta memelihara hubungan.

Seorang anak dengan kecerdasan emosi yang baik akan memiliki mental yang sehat dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Manfaat kegiatan seni kreatif untuk anak
Manfaat Creative Art Series

Wow! Amazing, ya Ayah/Bunda. Ternyata di balik kegiatan yang terlihat sederhana banyak manfaat untuk buah hati tercinta.

Nah, Creative Art Series ini bisa menjadi ide untuk mengadakan perayaan secara virtual, misalnya ulang tahun, gathering bersama, dll. Atau barangkali ingin memberikan hadiah untuk anak, adik, keponakan, anak-anak panti asuhan, anak-anak yang sedang berproses healing dari traumanya, dll juga bisa banget! Cocok semuanya.

Oh ya, mungkin Ayah/Bunda penasaran, bagaimana cara mendapatkan Faber-Castell Creative Art Series ini? kabar baiknya, bisa dengan mudah didapatkan melalui akun resmi Faber-Castell di marketplace dengan harga mulai 75 – 125 ribu. Pastinya, harga tersebut sudah termasuk workshop online. 

Semoga bermanfaat,

Salam,


7 komentar untuk "Faber-Castell Creative Art Series Ciptakan Kegiatan Seru Bersama Anak"

  1. Faber Castles dulu pernah beli yg pencil saja yg ini belum, udah terjamin dah kualitasnya.

    BalasHapus
  2. Si Kakak dari awal TK sampai sekarang selalu pakai Faber Castell. Karena memang merk yang direkomendasi sama sekolah. Dan sekarang jadi pengin coba kenalin kakak sama yang pakai grip brush. Mewarnai pasti lebih seru :))

    BalasHapus
  3. Faber Castell emang pilihan sih dari dulu, tapi biasanya cuma beli crayon atau pensil aja, belum nyobain yang lain. Anakku jg lagi seneng mewarnai ini hihi.

    BalasHapus
  4. Aku suka dengan faber castell ini...dulu pernah beli pewarna ajaib, lalu aku install aplikasinya di hp...dan bener2 hidup lho gambar yang diwarnai...ajaib banget, cocok deh buat mainan anak2 yang mengedukasi, artinya anak2 bisa terlepas dari gadget. Pokoknya keren deh faber castell ini....selalu kreatif dan penuh inovasi.

    BalasHapus
  5. Waa bagus banget ya Bunda buat melatih kreativitas Kaka, apalagi banyak pilihannya, jadi tambah kratif!

    BalasHapus
  6. Buat menghilangkan rasa bosan anak yang harus diam di rumah terus, emaknya emang kudu kreatif. Salah satu caranya ya pakai faber Castell ini

    BalasHapus
  7. Hari ini selesai PTS anak anak, Mbak. Lega rasanya. Berharap cepat liburan pjjnya 😄😄

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,