6 Alasan Mengapa Oatmeal Bisa Menjadi Sarapan Utama

 
oatmeal untuk sarapan sehat, alasan oatmeal cocok sebagai menu sarapan sehat
Gambar: CHIAREAL, ragam pilihan oatmeal dan biji-bijian (CHIA SHOT)
sumber: gonutify. com


Halo, Ayah/Bunda, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Sudahkah sarapan dengan menu sehat hari ini? baik dengan biji-bijian ataupun bahan makanan lainnya. 

Para ilmuwan menemukan bahwa untuk setiap ons biji-bijian yang dimakan sehari, membuat risiko kematian berkurang 5%. Bahkan, risiko kematian karena masalah yang berhubungan dengan jantung berkurang 9%. Biji-bijian ini biasanya dikonsumsi menjadi bubur, seperti oatmeal.

Fakta yang membuat Ayah/Bunda semua langsung ingin memakan oatmeal di pagi hari, bukan? Selain bergizi, oatmeal juga praktis dan efektif mengenyangkan bagi makanan pagi. Untuk itu ayo lebih dekat memahami mengapa oatmeal bisa menjadi pilihan sarapan bergizi. Apakah benar oatmeal dapat menjadi pilihan sarapan yang bagus bagi siapa saja yang ingin mengurangi risiko penyakit?

Berikut 6 alasan mengapa oatmeal harus dimasukkan ke dalam mangkuk sarapan Ayah/Bunda minggu ini:

1. Oatmeal Membantu Mengatur Nafsu Makan

 

Manfaat oatmeal untuk tubuh
Gambar: Oatmeal ditaburikacang almond.
Sumber: Gonutify. com

Jika kita merasa lapar pada jam 10 pagi, bisa jadi ada indikasi makan makanan yang salah. Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik yang lebih lambat melepaskan energinya. Menaburkan kacang-kacangan dan biji-bijian di atasnya (atau bagian atas oatmeal) adalah hal yang tepat. Kacang-kacangan, seperti kacang almond dan biji-bijian mengandung protein dan serat, yang membantu Ayah/Bunda merasa kenyang lebih lama. 

2. Butuh Peningkatan Kekebalan Tubuh? Oatmeal adalah pilihan yang tepat!

Anehnya, oatmeal dapat membantu menjaga sistem kekebalan kita tetap kuat, dan membantu mengusir kuman-kuman. Oatmeal merupakan sumber vitamin A yang kaya yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dari tubuh. Oatmeal juga tinggi beta-glukan yang membantu menjaga sistem kekebalan kuat dengan benar-benar membuat respon kekebalan tubuh kita menjadi lebih pintar!

3. Oatmeal Dapat Membantu Membangun Tulang Yang Kuat

Ternyata, susu bukanlah satu-satunya cara untuk membangun tulang yang kuat! Oatmeal merupakan sumber kalsium yang penting untuk memperkuat tulang dan gigi. Ingin memberi tulang dengan nutrisi yang baik? Yuk, makan oatmeal!

4. Oatmeal Dapat Membantu Melindungi Dari Penyakit Kardiovaskular

Melihat kasusu penyakit jantung yang terus meningkat, penting untuk melihat pilihan makanan kita dan melihat bagaimana kita dapat menerapkan beberapa tindakan pencegahan. Oatmeal bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet jantung sehat. Menurut sebuah studi penelitian baru (dilakukan selama 25 tahun), mereka yang makan oatmeal telah terlindungi dari penyakit jantung! Perlu diingat bahwa penelitian ini, mempelajari hampir 100.000 orang, jadi ini adalah penemuan yang sangat besar! Alasannya karena kemampuan oatmeal untuk mengalahkan kolesterol tinggi dan menyerap lemak dalam sistem. Luar biasa, bukan?

5. Jika Membutuhkan Mineral Boost, Oatmeal adalah Pilihan Terbaik

Biji-bijian utuh secara umum merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, tetapi oatmeal sangat bagus dan kaya akan zinc, tembaga, mangan, dan zat besi. Pilihan sarapan gandum utuh seperti oatmeal juga dianggap membantu memerangi radikal bebas!

6. Oatmeal Mungkin Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Oatmeal dianggap membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa diet yang mencakup banyak biji-bijian, seperti oatmeal sama efektifnya dengan meminum obat tekanan darah tinggi! Inilah satu lagi alasan mengapa penting untuk menikmati oatmeal saat sarapan.

Camilan sehat memang penting, namun jangan lupa pertimbangkan juga untuk sarapan sehat sejak dini. Jika Ayah/Bunda sedang mencari cara untuk meningkatkan kesehatan, pertimbangkan untuk menambahkan oatmeal ke dalam rutinitas pagi. Oatmeal bukan hanya pilihan sarapan yang nyaman dan cepat, tetapi seperti yang kita lihat, oatmeal juga akan memperkuat tubuh dengan banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Semoga bermanfaat, 

Salam, 


8 komentar untuk "6 Alasan Mengapa Oatmeal Bisa Menjadi Sarapan Utama"

  1. Sebenarnya, oatmeal ini praktis ya menyiapkannya, terus sehat pula, cocok lah, apalagi di masa pandemi gini masih jarang makan di luae

    BalasHapus
  2. Baru tau kalo oatmeal bisa bantu nurunin tekanan darah. Praktis dan Kaya manfaat banget ya oatmeal ini makanya aku juga suka sih sarapan oatmeal

    BalasHapus
  3. Dulu ada yang bilang, obat efektif sakit perut, salah satunya Oatmeal.
    Jadi, nggak harus langsung minum obat kimia dulu.

    Tapi, kadang lebih suka jenis oatmeal instan yang di kemas jadi minuman sehat itu ^^

    BalasHapus
  4. Aku masih maju mundur nih mau merutinkan sarapan oatmeal begini..tapi baca ini jadi semangat lagi deh.. TFS, Rin..

    BalasHapus
  5. jd pgn coba deh mba buat sarapan oatmeal. Cuma bingung harus diolah bagaimanaaa. Huhuhu.. Selama hamil mencoba sarapan buah dan ngrasa juga bedanya di tubuh.

    BalasHapus
  6. Salah seorang bu bosku pernah bilang, oatmeal juga bagus buat ngurangin sakit di lambung atau gangguan pencernaan lainnya

    BalasHapus
  7. Aku gak gitu suka oatmeal, tapi waktu berangkat haji dulu memaksa diri agar mau konsumsi. Alasannya praktis sih karena gak butuh waktu untuk siapinnya. Apalagi nilai gizinya juga bagus

    BalasHapus
  8. Pantesan pas di Hongkong dulu bosku sukanya sarapan ini, tapi aku nggak suka. Padahal gizinya gede banget ternyata ya Mba Rin.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,