Review 'Buku Ajaib' Augmented Reality Best Seller Alif&Sofia 'Ayo, Shalat!'


Assalamu'alaikum, Ayah-Bunda!
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman membaca buku Augmented Reality (AR) bersama anak-anak.
Sebenarnya buku AR sudah tidak asing lagi. Sejak beberapa tahun yang lalu saat saya masih jualan buku dengan sistem direct selling, mereka telah mengeluarkan buku dengan Augmented Reality. Sayang sampai saat ini saya belum memiliki bukunya karena harga sepaketnya memang cukup mahal.
Teknologi AR juga kita kenal dalam permainan kartu anak-anak seperti flash card, bahkan mainan hadiah dari jajanan anak-anak yang murah meriah.

Perjuangan Mendapatkan Buku AR Sofia Ayo, Shalat!

Ayah-Bunda tentunya sudah tahu jika saat ini masih berlangsung bazar buku super besar Big Bad Wolf (BBW) di Jogja (besok tanggal 12 adalah hari terakhir pameran). Sejak awal munculnya BBW di Indonesia, bazar super besar ini sudah menarik pengunjung. Dibuka setiap hari selama 24 jam, pengunjung yang datang selalu membludak bahkan sampai pingsan kekurangan oksigen. Begitu antusiasnya masyarakat karena di sana kita bisa mendapatkan buku impor dengan harga yang sangat murah, diskon 60% - 80%!
Awal munculnya BBW di Indonesia, hanya menyediakan buku impor. Memang hampir semuanya bukan buku terbitan baru, namun masih sangat worth untuk diburu. Terakhir, BBW juga menyediakan buku terbitan Indonesia. Nah, makin kalap kan jadinya kalau begini?
Sebelumnya, saya sering melirik para penyedia jasa titip beli buku namun masih ragu untuk mencoba. Tahun ini, saat BBW berlangsung di Jogja, seorang teman blogger membuka jasa titip.
Awalnya saya mencoba mengacuhkan karena sadar isi dompet sedang tipis. Namun obrolan di grup-grup komunitas tak jauh dari seputar perburuan buku di BBW. Foto-foto keseruan dan hasil buruan pun kerap muncul di beranda media sosial.
Well, pertahanan saya runtuh, dan akhirnya ikut memesan beberapa buku di hari terakhir beliau berada di BBW dan menerima orderan titip beli.
Saya memilih judul buku lewat akun instagram khusus jastipnya. Beberapa judul saya ajukan. Saat itu saya sudah melirik buku augmented reality Alif&Sofia Ayo, Shalat! Masih menimbang-nimbang, akhirnya terlupa masuk daftar titip. Baiklah, nggak jadi beli 'buku ajaib' anggaran belum cukup, batin saya menghibur diri.
Esoknya, saya mendapat kabar beberapa buku pesanan tidak berhasil didapatkan. Hm.. Saya pun terpikir kembali untuk membeli si Buku Ajaib lewat teman yang datang ke BBW. Sayang beberapa teman tidak berencana datang lagi.
Sudahlah, belum rezeki.. Batin saya lagi.
Rupanya, dapat kabar seorang teman blogger Semarang stand by di BBW karena menjadi panitia. Aha! Rasanya seperti mendapat setetes air di gurun sahara. *lebay
Tanpa proses yang ribet dan berbelit, buku Sofia Ayo Shalat! Berhasil di-keep untuk segera dibayar dan dikirimkan. Senangnya hatiku...! *nari jingkrak-jingkrak. Berhubung hanya ada 1 ekspedisi yang membuka stand di BBW, buku pun dikirimkan melalui jasa pengiriman tersebut, dengan opsi pengiriman semalam sampai. Tak apalah, meski kudu merogoh kocek lebih dalam untuk buku yang satu ini.
"Kak, Bunda beli buku bagus, loh!" ujar saya kepada si Kakak.
"Buku buat Kakak, Bund?"
"Iya, buat Kakak sama Adik, nanti buat belajar salat, bisa dilihat pakai HP."
"Wah... Mana bukunya, Bund? Kakak mau.." jawabnya dengan mata berbinar.
"Tunggu ya, bukunya sedang dikirimkan sama teman Bunda."
Seharian si Kakak menanti kedatangan si Buku Ajaib. Sayangnya waktu pak Kurir datang, dia sedang bermain bersama temannya.
Benar saja, begitu tahu bukunya sudah tiba, ia tak sabar untuk membukanya.

Sudut buku dibuat melengkung

Review Buku Augmented Reality Alif&Sofia Ayo, Shalat!

Harga Buku

Buku Augmented reality ini dibanderol 90ribu rupiah, diluar biaya jasa titip dan ongkos kirim. Masih terbilang murah ya, untuk ukuran buku yang dilengkali dengan teknologi augmented reality.

Cover dan Isi Buku

Terdiri dari 2 seri yakni Alif untuk laki-laki dan seri Sofia untuk perempuan. Isi bukunya sama, yang membedakan hanya karakter Alif dan Sofia yang disesuaikan dengan gender anak.

Contoh bagian dalam buku
Cover berupa hard cover yang cukup tebal tapi agak empuk. Sedangkan isi bukunya dibuat dari kertas karton tapi tidak setebal boardbook untuk balita. Hm.. Semacam kertas duplex. Bukunya pun ringan, mudah untuk diangkat dan dibawa oleh anak. Disain bukunya dibuat tumpul pada ujung-ujungnya supaya tidak melukai anak.
Ilustrasi dan karakter Alif/Sofia dibuat menarik seperti kartun kekinian. Isi bukunya pun lengkap mulai dari cara melakukan wudlu, rukun shalat step by step berikut bacaan/doa yang dibaca di setiap rukunnya. Alhamdulillah, sangat lengkap!

Aplikasi AR Alif&Sofia Ayo Shalat

Di dalam buku ini, tepatnya di sampul belakang terdapat cara menggunakan teknologi Augmented Reality-nya. Kita bisa mengunduh aplikasi melalui Google Play Store (untuk android) atau App store untuk pengguna iphone. Ikuti setiap langkahnya, termasuk download versi Alif atau Sofia. Setelah itu, bisa dimainkan dengan cara memindai tanda 'Alif&Sofia' yang terdapat di tiap lembar bukunya.
Selamat mencoba ya.

cover back


Belajar dengan melihat video 3D interaktif seperti ini memang sanga efektif. Terbukti beberapa kali membuka AR-nya, si Kakak sudah hafal beberapa doa yang dibaca saat shalat. Si Kakak memang sepertinya auditorinya lebih menonjol, jadi ketika mendengar dia lebih mudah menangkap ke dalam memori.
Namun perlu diperhatikan juga, karena teknologi AR menggunakan gadget, kita sebagai orangtua harus benar-benar memperhatikan dan mengawasi. Tujuannya supaya anak bisa belajar tanpa kecanduan gadget. Jadi, harus bijak sekali memanfaatkan. Tentunya anak pun akan lebih senang jika orangtuanya yang mengajarkan secara langsung.
Simak juga video unboxing-nya yuk!


Semoga bermanfaat!
Salam,

Judul Buku: Alif&Sofia Ayo, Shalat!
Jumlah halaman: 24 halaman (termasuk cover)
Penerbit: Al-Bayan Kids
Penyusun: Lukman Hakim
Desainer&Karakter: Lukman Othman
Cetakan I: Tahun 2019