25 Februari 2019, tepat 5 tahun usia Hasna.
Sejak tahu dia akan ulang tahun, hal yang dibicarakannya adalah permintaan untuk merayakan ulang tahun, kue ultah dengan karakter Litte Ponny (lalu beberapa hari kemudian berubah Hello Kitty), bawa makanan untuk teman-teman sekelas, bawa balon dan pakai mahkota kertas. Persis seperti yang ia gambarkan saat teman sekelasnya mengadakan perayaan ulang tahun di sekolah.
Namun, saya katakan bahwa perayaan ulang tahun bukanlah tradisi keluarga kita. Meski dia belum sepenuhnya paham, saya sampaikan bahwa ketika hari ulang tahun, tidak wajib merayakannya. Yang paling utama adalah bersyukur masih diberi nikmat umur dan kesehatan.

Iya hanya mengiyakan untuk kemudian membujuk, besok-besok lagi kalau ulang tahun bawa makanan buat teman-temannya, dan berulang setiap hari.
Maka di hari ulang tahunnya itu, kami hanya mengajaknya makan di M*D. Sebenarnya, kami jarang makan di gerai franchise. Namun kali ini, si Kakak memang setiap melihat resto ayam franchise itu selalu nunjuk-nunjuk. “Dulu sudah ke K*C, yang M*D belum, Bunda... besok ke sana, ya!”. Saya dan ayahnya hanya berpandangan sambil tersenyum.
“Besok-besok insyaAllah ke sana. Kakak jajannya dikurangin, nabung juga karena kalau makan di sana, butuh uang banyak,” kata si Ayah membujuk.
“Iya, nanti Kakak nggak minta jajan deh, biar bisa ke sana ya, Yah.”
Meski kenyataannya, jajan tetap berlanjut, dan sesekali ia mengisi kaleng tabungannya dengan uang pemberian kami.
Ya, kami ingin mengajarkan kepada anak-anak bahwa untuk mendapatkan sesuatu, harus ada usaha yang dikeluarkan. Baik mengurangi jajan, menabung dari pemberian ayah/Bunda, maupun usaha lainnya.
Kami ingin menyampaikan bahwa setiap yang diinginkan tak selamanya bisa terwujud apalagi dalam sekejap. Ada masa ia harus berusaha meredam keinginan dan bersyukur ketika akhirnya bisa mendapatkannya.
Semoga dengan begitu ia menjadi anak tangguh yang tidak manja. Dan selalu sadar bahwa setiap hal yang ingin ia raih akan melalui perjuangan panjang yang tak mudah. Karena masa depan yang menantinya akan jauh berbeda dengan saat ini.