Halo, Ayah-Bunda!
Menyapa kembali di sini dengan nuansa yang lebih semangat dan optimis. Aamiin...
Sejak kepindahan kami ke Kota Denpasar, belum pernah mengagendakan berenang bersama anak-anak. Biasanya kami bermain di pantai terdekat dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Namun si Kakak seringkali tidak mau bermain air dan hanya bermain pasir basah dengan kakinya maupun bermain cetak pasir dan membuat istana pasir.
Bagi si Kakak, berenang adalah di kolam renang, bukan di pantai.

Akhir bulan kemarin, Kakek dan Nenek_yang biasa kami panggil ‘Mbah’ datang berkunjung ke Bali. Mereka berdua sudah sangat kangen dengan kedua cucunya. Mbah berencana menginap 1-2 bulan agar kangen terobati dan tidak sayang biaya untuk membeli tiket perjalanan Semarang – Denpasar. Mbah yang mengetahui kegemaran si kakak sejak dulu, bersemangat sekali membawa oleh-oleh pelampung ban untuk anak-anak. Sejak itulah Hasna selalu merengek untuk berenang ke kolam renang.
Saya pun mencari informasi seputar kolam renang yang dekat dan mudah terjangkau. Dari tetangga dan teman mendapat 2 rekomendasi yakni Kolam renang Nirmala dan Citraland Waterpark. Setelah berdiskusi dengan si Ayah, kami memutuskan untuk pergi ke kolam renang Nirmala yang jaraknya lebih dekat.
Kolam renang Nirmala/Nirmala swimming pool berada di Jalan Mahendradatta. Kolam renang ini adalah kolam renang milik hotel Nirmala yang dibuka untuk umum. Tempatnya berada tepat di belakang hotel Nirmala Mahendradatta.
Kami datang ke sana hari Sabtu, saat si Ayah off. Datang ke sana di sore hari saat akhir pekan sebenarnya bukan pilihan yang tepat, namun kami memang tidak memiliki opsi lain. Begitu kami memasuki area parkir motor, telah banyak sekali kendaraan pengunjung yang terparkir. Suara riuh rendah terdengar di sekitar kolam renang.


Di sana, tersedia loket pembelian tiket, dengan harga yang cukup terjangkau. Harga tiket untuk dewasa sebesar 15 ribu rupiah dan anak-anak 10 ribu rupiah. Memasuki area kolam renang, bau kaporit menyeruak sangat keras. Kepala mendadak pusing dibuatnya.
Namun si Kakak tetap begitu antusias dan segera menyiapkan diri berikut pelampung ban karakter singa-nya. Meskipun tidak menggunakan baju renang karena belum punya, ia tetap menikmati bermain air di pinggiran. Si Ayah pun mendampinginya.
Berhubung Salsa juga belum pernah baby spa, saya mencoba untuk mengajaknya bermain air juga dengan memakai pelampung, tentunya supaya lebih mudah menjaga. Iya, karena Bunda belum bisa berenang. Ihik.
Oia, ada 2 arena kolam renang di kolam renang Nirmala, yakni kolam anak dan kolam dewasa. Kolam anak dengan ketinggian sekitar 50-75cm. Terdapat mainan perosotan besar dan kecil. Namun di saat ramai seperti waktu itu, menyebabkan ruang gerak menjadi terbatas.
Untuk kolam dewasa, sering digunakan untuk belajar renang anak-anak SD-SMP. Saat itu pun suasana riuh rendah karena ada beberapa sekolah yang ‘menggiring’ anak-anak ekskul renang ke sana.
Setelah kurang lebih 1 jam bermain di air, akhirnya si Kakak mau diajak pulang. Namun kami menemukan beberapa hal yang membuat kurang nyaman. Diantaranya kamar ganti dengan lantai tergenang air dan bau pesing, kamar mandi yang bau pesing dan berserakan sampah, serta pintu kamar mandi yang tidak bisa tertutup sempurna. Bagian ini sangat terasa kurang terawat. Bisa jadi orang-orang yang datang ke tempat ini_termasuk saya_ mengesampingkan hal tersebut demi menyenangkan anak di kolam renang yang dekat dan harga terjangkau.
Selain kondisi tersebut, tidak ada masalah. Pemandangan ke sekitar pun cukup asri karena ada taman kecil di beberapa sisi kolam renang dan sebagian besar ruang terbuka. Karyawan lolam renang Nirmala pun siap siaga di sekitar bibir kolam guna mengantisipasi berbagai kejadian.
Sebagaimana dilansir dari popmama(dot)com, banyak sekali manfaat berenang untuk anak dan bayi, diantaranya:
  1. Berenang melatih otot di seluruh tubuh
  2. Meningkatkan keterampilan motorik bayi
  3. Meningkatkan rasa percaya diri
  4. Menjauhkan bayi dari obesitas
  5. Menguatkan ikatan Si Kecil, terutama dengan keluarga
  6. Berenang meningkatkan nasfu makan dan memperbaiki pola tidur


Next, semoga bisa datang di weekday untuk membandingkan bagaimana suasananya.
Semoga bermanfaat, Ayah Bunda sharing juga yuk terkait aktivitas mengajak anak-anak berenang.