Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GRATIS! Test Lab Kehamilan di Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang


Assalamu'alaikum,  Ayah Bunda.
Ada yang sedang hamil?  Semoga janin di dalam perut bunda sehat selalu ya!  Termasuk Bunda juga semoga sehat dan lancar saat proses persalinan nanti.  Aamiin... 
Alhamdulillah, kehamilan saya saat ini sudah hampir 7 bulan.  Sudah mulai dagdigdug menanti masa persalinan. Saya berharap sekali bisa melahirkan pervaginam setelah si Kecil anak pertama dulu lahir dengan proses operasi caesar (VBAC/Vaginal Birth After Caesarean).
Bulan Ramadhan yang lalu ada petugas surveyor dari puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang yang menghubungi saya untuk survey ibu hamil. Setelah survey selesai beliau pun mengabarkan akan ada kelas ibu hamil,  tapi waktu itu saya berhalangan hadir. 
Beliau juga mengingatkan untuk test lab ibu hamil di puskesmas, biayanya murah untuk pasien umum dan gratis untuk pasien pengguna BPJS.

Nah,  saya baru menyempatkan waktu untuk ke puskesmas hari ini. Setelah idul fitri memang cukup disibukkan dengan sekolah-nya si Kakak yang mulai tahun ini masuk PAUD. 
Hari Kamis yang lalu,  setelah si Kecil cukup aman untuk ditinggal dan mau dijemput oleh siapa saja (Ayah atau kakek/neneknya) saya pun meluncur ke puskesmas setelah mengantarkannya sekolah. 
Alhamdulillah, masih pagi jadi masih sepi dan belum antre banyak.  Hanya ada beberapa orang yang duduk di kursi pendaftaran.
Setelah mengambil nomor antrian dan menyertakan kartu berobat,  saya menunggu untuk dipanggil. Tak berapa lama nama saya dipanggil,  lalu diminta menunjukkan KTP, kartu BPJS jika ada,  dan keperluan berobat di puskesmas. 
Beres tak sampai 5 menit,  saya diminta untuk menunggu di ruang KIA.
Tetot!  Rupanya sampai di KIA belum ada bidan yang jaga. Sudah ada beberapa pasien yang menunggu di ruang tunggu.  Baiklah, bismillah semoga tidak terlalu lama. 
Alhamdulillah nggak sampai 10 menit pasien mulai dipanggil satu persatu.  Waktu tiba giliran saya,  seperti biasa dimintai data (lagi)  lalu diperiksa kondisi janin.  Then, saya dapat surat rujukan untuk tes darah ke lab dan hasilnya dibawa ke ruang KIA lagi.
Sampai di laboratorium, seneng deh karena yang terdengar dari sana suara murottal. Adeeem! 
Prosesnya cukup cepat sih,  setelah saya serahkan surat rujukan,  petugas meminta saya mengambil sampel urin di toilet.  Kembali ke lab, ada petugas laki - laki yang cukup cerewet supel maksudnya, dan menyuruh saya cuci tangan lau menunggu di bilik untuk diambil sampel darah. Duh.. Ngeri lihat jarum suntik dan alat - alat yang tertata di sana. Apalagi sudah lama banget nggak donor darah.
Lengan kanan atas saya ditahan dengan alat yang seperti sabuk berbahan elastis (namanya apa ya?  Sering lihat tapi nggak tahu nama alatnya). Jarum pun ditusukkan tapi darahnya nggak keluar.  Waduh,  harus dioglek-oglek beberapa saat sampai darah mau keluar.
Tak lama menunggu hasil lab,  saya kembali ke KIA lalu diarahkan untuk konsultasi dengan dokter.  Senang sekali karena beliau ramah dan ngasih solusi yang jelas untuk masalah - masalah saya.
Habis itu masih harus konsultasi ke ahli gizi.  Biasa aja sih, hihi ditanya standar seputar asupan makan.  Di sini feeling quilty banget karena sering lupa minum vitamin dari bidan.  Hwaaa..!
Alhamdulillah selesai! 
Eh,  ternyata belum, masih harus ke poli gigi untuk konsultasi juga. Sip deh kalo gitu, kebetulan tambalan gigi sudah mau rusak dan ingin tahu boleh nggak ibu hamil nambal gigi.  Rupanya boleh aja tuh. Lain kali kudu datang lagi ke puskesmas buat memperbaiki tambalan gigi.
Setelah semuanya selesai, saya dipersilakan pulang. Nggak dikasih vitamin dari puskesmas karena saya mengatakan besok berencana periksa ke dokter kandungan di rumah sakit. Oia hasil test lab HB saya masih belum mencukupi (9 dari kondisi normal untuk melahirkan 11), untuk yang lain tidak ada masalah. Okelah, setelah ini harus banyak asupan yang bisa menggenjot HB supaya bisa ideal untuk ikhtiar lahiran VBAC.
Senangnya...! karena sepanjang rangkaian test lab yang memakan waktu lebih dari 2 jam itu bertemu dengan petugas yang semuanya ramah, tidak seperti sebelumnya yang pernah dibikin baper sama petugas puskesmas. Wkwkwkwk. Terimakasih, Pak/Bu yang sudah membantu saya.
Ayah – Bunda yang belum test lab, boleh banget lho menggunakan fasilitas dari puskesmas ini. semoga sehat selalu ya! Dan semoga bermanfaat.

Salam,

10 komentar untuk "GRATIS! Test Lab Kehamilan di Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang"

  1. Puskesmas sekarang bagus Mb. Mama saya di Semarang tiap Kamis ikut Prolanis. Jadi terkontrol kesehatannya

    BalasHapus
  2. mba aku ga dapet panggilan buat tes lab ni dr puskesmas bisa ajuin diri lgsg ga yah?hehehe pgn jg tes lab 😁 secara klo ke rumkit biayanya mahal buanget pengalaman pas anak pertama 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang paham Mba.. Mungkin beda tiap Kab/kota yah.

      Maafkan baru tahu kalo ada komen ini 😁

      Hapus
  3. Mbak Arina, lahirannya dgn BPJS atau ga? mau tanya alurnya gimana klo dr puskesmas tlogosari kulon, krn sy pengguna bpjs tp blm tanya di puskesmas gimana alurnya. Alhamdulillah kalo tes lab sih sudah pas awal kehamilan.. tinggal bingung sm alurnya dgn BPJS..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf banget Mba baru buka...

      Saya nggak pakai bpjs. Kalo pake bpjs tetep minta rujukan di puskemsmas sih Mba

      Hapus
  4. aku udah hamil 7bulan bulan November 2018 ini ,dan belum test ke pukesmas 😁 penting ato tidak sih sebenernya test itu? Karna jujur saya paling malas datang ke Pukesmas ,wktu saya baru hamil 4bln sebenernya sudah ke pukesmas tp karna terkendala BPJS trs kata petugas pukesmas disuruh datang setelah BPJS aktif lagi ,saya pikir tanpa BPJS pun sebenernya tetep bisa diperiksan bukan? Tp petugasnya tetep ngotot disuruh ngurus BPJS dl baru balik lagi ,huh bikin malas ke pukesmas lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya juga waktu itu ke puskesmas nggak pakai bpjs. Mungkin aturan baru kali ya?

      Kalau periksa di RS, saran saya test lab di RS saja krn kadang dokternya minta test lab lagi

      Hapus
  5. Iya pelayanan di puskesmas bagus kok, kebetulan sy juga sedang hamil sekitar 2bln lebih. Tp dilema juga buat pemeriksaan tiap bulannya. Ke puskesmas atau bidan ya? Bunda2 dulu hamilnya ada yg sama? Kalo ke puskesmas kok agak takut2 ya mau tanya2, karna pembawaannya kaya tegas gt bidannya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya dulu ke praktin bidan/rumah bersalin. Waktu anak ke-2 ke RS setelah kandungan 7bulan karena pernah SC.

      Sama saja sih, cuma mgkin klo di puskesmas pasien banyak jd waktunya hanya sedikit unt periksa

      Hapus