Ilustrasi ikan salmon. ©Shutterstock/svry
Beberpa waktu yang lalu, setelah Hasna memasuki usia 7m dan akan memasuki MPASI bulan ke dua, Ayah-Bundanya ingin mengenalkan seafood. So, hunting sefood ke supermarket. Dari rumah berharap bisa beli tuna atau ikan salmon. hm... beruntung sampai di supermarket ada kemasan tuna dan salmon slice dalam foam dibalut wrap. tetiba si Ayah ingin mencoba makan ikan salmon juga, jadilah salmon yang beratnya hanya sekitar 1,7ons itu harus kami tebus seharga Rp. 47.000. Ya, harga perkilo ikan salmon Rp. 299.900. Waaaaa!! how...how..how.. !!! ikan termahal yang pernah kubeli. sueeeer!!! ^_^ 
penampakan si salmon
Alhamdulillah.... bisa beli dan nyicip meskipun cuma sedikit banget. Yaiyalah... tujuan belinya kan buat makan Hasna.
Akhirnya kupotong kecil-kecil cukup untuk membuat MPASI Hasna berkali-kali. Hah! 
Tapi nggak apa deh, buat Hasna ini, semoga selalu ada rejeki. kalopun ga bisa sering-sering beli,tak apalah sekali-kali. ^^ 

Trus iseng deh nyari info, gugling soal si Salmon. pantes harganya mihil :P 






Manfaat ikan salmon untuk bayi  (taken from http://manfaatikansalmon.blogspot.com/) 

Biasanya dalam menambah asupan ASI dari bayi seorang ibu rela melakukan apa saja agar kebutuhan gizi dari bayinya tercukupi, salah satu pilihan yang mungkin bisa adalah gizi ikan salmon. Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang bagus untuk pertumbuhan seorang bayi.Ikan salmon kaya akan AHA dan DHA yang dapat membantu perkembangan otak, pertumbuhan mata dan jaringan syarafnya.
manfaat ikan salmon untuk bayi
Seperti yang di ujarkan oleh Susan Brewer yang merupakan ahli gizi dari Amerika mangatakan bahwa ikan salmon mengandung omega-3 yang kaya AHA dan DHA yang berguna untuk pertumbuhan otak, mata dan syaraf dari bayi. Manfaat ikan salmon yang lain bagi bayi adalah mencegah terjadinya penyumbatan arteri yang nantinya menyebabkan jantung koroner, manfaat ini juga bagi orang dewasa.
Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa manfaat ikan salmon untuk bayi antara lain :
  • Mempercepat pertumbuhan dan perkembangan otak si bayi
  • Mempertajam penglihatan mata si bayi
  • Membantu perkembangan jaringan syaraf si bayi
  • Mencegah penyumbatan arteri (jantung koroner) pada bayi
Itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh ikan salmon yang kaya akan omega-3 sangat baik untuk menambah asupan gizi untuk pertumbuhan seorang bayi. Jadi jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsikannya  bagi bayi anda, anda bisa menjadikannnya seperti bubur atau nugget agar anak anda menyukainya.

Kandungan gizi ikan salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang tergolong populer di dunia ini, hal itu karena tidak luput dari kandungan gizi ikan salmon yang sangat baik untuk kesehatan kita.Salah satu kandungan gizi yang paling banyak dari ikan salmon yaitu omega-3 yang merupakan salah satu jenis asam lemak essensial yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh namun zat ini  tidak dapat diproduksi secara langsung oleh tubuh kita.Oleh karena itulah untuk mendapatkannya harus melalui makanan yang kita makan, sejauh ini kandungan gizi omega-3 ini paling banyak masih dimiliki oleh ikan salmon dan ikan tuna.Oleh karena itulah manfaat ikan salmon sangat baik untuk kesehatan kita.

kandungan gizi ikan salmon

Baiklah berikut ini adalah kandungan gizi yang dimiliki oleh ikan salmon secara detail :
Nilai Gizi 100 g
Energy: 231 Kcal
Energy from fat: 90 Kcal
Total Fat: 13 g
Saturated Fat: 3.1 g
Trans Fat: 0.2 g
Monounsaturated Fat: 5.3 g
Polyunsaturated Fat: 3.6 g
Sum EPA+DHA: 1.6 g
Sum Omega 3: 2.0 g
Sum Omega 6: 1.3 g
Omega 6: Omega 3: 0.66
Cholesterol: 55 mg
Protein: 22 g
Total Carbohydrate: 9 g
Dietary fibre: 8.4 g
Sugars: 0.1 g
Moisture: 65 g
Minerals: 855 mg
Phosphorus: 250 mg
Potassium: 430 mg
Sodium: 37 mg
Calcium: 8 mg
Chloride: 100 mg
Copper: 0.2 mg
Iodine: 0.0 mg
Iron: 0.4 mg
Magnesium: 29 mg
Selenium: 0.0 mg
Zinc: 0.4 mg
Vitamins
Vitamin A: 1.00 iu
Vitamin B1: 0.12 mg
Vitamin B2: 0.05 mg
Vitamin B6: 0.55 mg
Vitamin B12: 4.50 ug
Vitamin C: 0.21 mg
Vitamin D: 0.75 ug
Vitamin E: 2.70 mg
Nicotinic acid: 8.10 mg
Amino Acids
Alanine: 1.21 g
Arginine 1.21 g
Aspartic acid: 2.12 g
Cystin: 0.24 g
Glutamic acid: 2.85 g
Glycine: 0.97 g
Histidine: 0.97 g
Isoleucine: 0.99 g
Lysine: 1.82 g
Methionin: 0.66 g
Phenylalanine: 0.80 g
Proline: 0.70 g
Serine: 0.79 g
Threonine: 1.00 g
Tyrosine: 0.66 g

Merdeka.com - 6 Manfaat Ikan Salmon

Ikan salmon adalah salah satu makanan lezat yang memiliki banyak khasiat yang penting bagi kesehatan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Asam aminoPenelitian terbaru menyebutkan salmon kaya akan asam amino. Fungsi dari nutrisi tersebut adalah menjaga kesehatan persendian, memaksimalkan fungsi insulin, dan mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.

Mencegah penyakitBeberapa penyakit yang bisa dicegah dengan makan ikan salmon adalah penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan diabetes. Ikan salmon juga ampuh mencegah penggumpalan darah dalam tubuh.

Fungsi otakAsam lemak omega-3 pada salmon adalah salah satu nutrisi yang menunjang kesehatan fungsi otak. Penyakit Alzheimer pun bisa dicegah dengan makan ikan salmon. Selain itu, konsumsi ikan salmon dikaitkan dengan penurunan stres dan depresi.

Membentuk ototProtein tinggi pada salmon tidak bisa dicerna dengan mudah seperti karbohidrat. Namun fungsi dari protein tersebut adalah membentuk otot yang membantu pembakaran lemak dalam tubuh secara lebih maksimal.

Enzim, jaringan, dan hormonBeberapa nutrisi penting dalam salmon adalah zat besi, kalsium, selenium, vitamin A, B, dan D. Semua nutrisi itu berperan dalam pembentukan jaringan, rambut, enzim, hormon, dan kuku.

Mata sehatAsam lemak omega-3 dan asam amino bekerja sama dalam mencegah penuaan mata. Sehingga rajin makan salmon mampu membuat mata tetap sehat dan pandangan semakin tajam.
Itulah berbagai khasiat penting dari ikan salmon. Jangan ragu mengonsumsi ikan menyehatkan yang satu ini.