Puji syukur untuk Allah SWT yang ngasih rejeki buat keluarga baruku, seorang bayi unyu_imut_nggemesin : Hasna Kurnia Faradisa.

Nggak perlu deh keknya ngejelasin kenapa Ayah_bundanya Hasna alias kami ngasih nama itu ke dia. Kalo pengen tau, beli aja buku ‘Untaian Nama Bayi’ garapan ibu2 IIDN Semarang; ada lebih dari seratus nama inspirasi nama bayi plus keterangannya; bukunya bisa didapetin di Gramedia terdekat dengan harga kurang lebih 45.000 (hati-hati promosi, termasuk tulisan ini. Hihi).

Kisah ini bermula
(tsaaah!) saat bayiku yang lahir dengan berat 3,3 kg itu tumbuh sehat dan ndut. Tiga bulan beratnya udah nyampe 6,5kg. umur 4 bulan udah 7,8 alhamdulillah ASI eksklusif. Seneng banget tentunya, apalagi kalo ada yang lihat Hasna trus gemes-pengen nowel-nowel, pastinya nanya umur berapa udah berapa kilo ko ndut-pipi bakpao?! Uwooo….!! Dan kujawab aja sejujurnya (halah!); hampir pasti yang tanya itu komen ‘ASI’nya bagus. Meskipun 1000% aku yakin kalo semua ASI itu bagus, tetep aja Ge-er.

Pergi kemana-mana Hasna pasti kugendong pake gendongan sling ato kain jarik. Kalo perginya cukup lama berasa banget pinggang n pundak sama lengan kiriku pegel-pegel. Jadilah mulai galau, mupeng sama gendongan yang dipake temen-temen n keknya enak si cantik warna-warni BabyWrap. Kalo temen sih kebanyakan pakenya Hanaroo babywrap yang made in Indonesia, harganya sekitar 150-180rb. Pengen beli, bilang ke suami buat beliin tapi dipikir-pikir lagi masih banyak kebutuhan Hasna yang lebih penting. Bersabar dikit lah, pegel ga apa-apa yang penting bayinya hepi-hepi aja. Toh bisa dipijet; gitu sih mikirnya.

Lama-lama makin pegel aja kalo gendong si Hasna. Nanya harga Moby babywrap ternyata 200rb lebih. Sayang banget kalo mau beli, tapi tetep aja pengen.

Pernah sampe curhat di facebook, pengen beli babywrap (BW). Ternyata tanggapan temen-temen banyak banget, banyak yang testimony sukak banget n nyaman banget pake BW tapi sebagian nyaranin mending nggak beli coz belum tentu bayinya mau. Tetiba ada yang nyaranin beli gendongan ERGO. Penasaran, kek pernah denger… ternyata emang pernah liat waktu ngintipin wall penjual online; kalo nggak salah waktu itu  dipajang harganya 450rb pake system PO. Ini yang ergo KW made in China; kalo yang asli mah ga kuat bo… harganya selangit (sekitar 1,7jt. Ahaha).
katanya sih made in China, tapi di tulisannya ada yang made in China, Vietnam, atau India.

Jadilah emak-emak ini tambah galau pengen punya ergo, tapi pengen nyoba BW juga. Nyoba ngajuin proposal ke ayah Hasna lagi… tentu aja ditolak. Hff… galau asli. Muter otak deh gimana caranya bisa punya. Sampe-sampe tiap hari yang kubahas adalah ERGO! Mungkin suami sampe bosen n pekak kali dengen aku casciscus minta ergo.

Nyoba peluang buat dropship dulu, tapi ko lagi-lagi blom pede mau jualan tapi kitanya nggak ngerti barangnya kek apa. Hff.. waktu itu di lapak temennya temen lagi ada promo free ongkir wilayah Jawa. Harga ergonya 350rb. Makin kembangkempis nih.. waktu itu lihat harganya 450rb ko ini 350rb?!! (emakemak gila diskon).

Tapi si ayah belum juga acc. Nggak kehabisan akal, kubuka deh ‘tabungan ayam’ ku. Oowww masih kurang 100rb!! Batal lagi deh. *malemnya kebawa mimpi tuh si ergo (lebay).
Besoknya nyari info lagi, tetiba nemu yang jual ergo harga 335rb trus lagi promo jadi 300rb blum ongkir. Lumayanlah, beberapa ribu rupiah ada sisanya. Eh, belum di acc juga. Nangis-nangis deh dalam ati, padahal Hasna udah bisa angkat kepala yang artinya udah boleh digendong kanguru (secara medis) tapi mbahnya tentu belum ngijinin.

Galau berminggu-minggu sampe dia ngasih tambahan beli ergo n acc buat beli. Ya salaam… memang belum rejeki kali ya?! Tempatnya jual ergo udah nggak ada promo. Duitnya kurang lagi deh!.
Tanya temen lagi, dulu beli ergo dimana, harga berapa? Bla bla bla. Akhirnya nemu shopnya, tanya2 harga, cocok. Ternyata eh ternyata ergonya lagi kosong, tinggal satu warna tapi kita berdua nggak cocok. Dapet info juga sih kalo sudah ada barang baru tapi belum diupload gambarnya. Yadusah,. akhirnya ngalah deh barangkali memang belum rejeki punya ergo  Masih disuruh belajar bawa beban berat dulu biar tambah kuat. (padahal sakitnya tuh di sini,,,, *nunjukpinggangsamapundak).

Jelang idulfitri, belum ada juga kabarnya si ergo. Eh, ada temen mau minjemin BW’a yang udah nggak kepake.
Pucuk dicinta ulam tiba. BW pun udah di tangan, nyaman banget pas nyoba. Etapinya waktu dicoba bawa jalan-jalan dikit ko Hasna nggak nyaman gitu.. lama-lama juga makin melorot aja tuh BW. Uwaaa…!! Apa diriku nggak bener makenya? Udah lihat manualbooknya lagi, liat-liat youtube lagi, udah bener tuh sesuai petunjuk. Mikir lagi, apa karena Hasna ndut banget ya? Perasaan waktu itu dapet info BW bisa dipake sampe baby beratnya 20kg. hm.. jadi ragu deh mana Hasna juga nggak nyaman  digendong pake BW. Kalo pas dia minta nen, wuih… ribet banget, tipenya Hasna kalo minta nen musti segera. ^^

Nyerah lagi deh, pake gendongan sling sama jarik lagi. Mbah-mbahnya juga belum ngasih izin pake gendongan yang bikin si dedek di’pekeh’ (bahasa jawa_red).

Habis lebaran Tanya lagi ke olshopnya, eh belum ready juga. Hm… sebel!!! Sebel tingkat dewa pokoknya mah. Tiap hari Arin mantengin wall OS nya, barangkali ada gambar ergo diupload. Tiba-tiba nih, di OS lagi ngadain kuis, ngasih kritik saran gitu. Cuss aja nginbox ke Os’a jadinya curhat sama si admin. Wkwkwkwk. Maaf ya mimin, n makasih juga udah jadi tempat curhat.

Dua hari habis curhat, si mimin ngasih kabar kalo gambar ergo udah ditag di wall fb. Yippii!!! Seneng banget deh! Sayangnya motif night sky yang dari kemarin-kemarin kita incar malah nggak ada. Yasudah, pilih diantara yang ada aja. Aku suka maroon dan coklat-orange, ayahnya suka coklat. Akhirnya ngalah deh, ambil yang coklat tipe ‘umba solid’ dari pada ayahnya nggak mau ikutan gendong kalo pake yang motifnya rame ato warnanya girly (katanya sih tipe ini laris manis, bahkan di beberapa OS ngasih harga lebih mahal untuk tipe Portofino, night sky, sama umba solid). Seneng banget rasanya, habis transfer trus dikasih tau kalo pake jne reg sekitar 1-2 hari nyampe Semarang.

Wow! Dua hari yang rasanya lama banget (lebay). Tapi perlu dong pake acara dagdigdug, meskipun belanja di tempat yang direkomend sama temen, tetep aja gemana gitu wong baru sekali ini. Mana cukup mahal n pake perjuangan nabung dulu.. hehe.




Pas harinya si ergo nyampe, seneng pake banget! Pas buka plastic agak sedikit kecewa, habis kotak kardusnya udah lecek penyok-penyok gitu..






tapinya begitu dibuka… hore!! Eh, Alhamdulillah… Langsung dicobain, seneng.seneng.seneng. Hasna juga nyaman, ayahnya juga enak gendong Hasna pake itu. Tapinya jadi sedih lagi coz mbah ti nya belum ngijinin juga. Uwaaa… !!

 

Oia, denger-denger sih si ergo KW  ini 95% mirip sama yang ori. Belum pernah sih lihat ergo yang ori yang harganya hampir dua rebu itu. Ahay, yang KW aja nyaman gini, yang ori kek apa ya? Ato mungkin rasanya sama aja, Cuma bahannya sedikit lebih OK dan bergaransi.

kartu garansi (katanya)
gini nih info yang Arin dapet soal ergo:
  • Ergo baby carier tersedia 2macam, Ergo baby oroginal dan Ergo baby Organik (Akan tetapi original disini berbeda dengan original yang dijual di atas 1juta).
  • Gendongan 3 posisi: (1) Hadap Ibu (2) Gendong di belakang/punggung (3) Gendong samping (hip position)
  •  Untuk bayi mulai dengan berat 3,15 kg dan Max 20kg (setara usia 5-6th)
  • Kaki bayi berada dalam posisi duduk alami, sehingga membuat bayi duduk dengan nyaman karena bertumpu pada pantat bukan menggantung
  • 100% cotton
  • Bisa dicuci mesin (Machine Washable)
  • Lingkar sabuk pinggang 63.5cm - 109,2cm.
  • Ideal untuk tinggi badan 152,4cm - 197,6cm
  • Ada tutup kepala untuk bayi, sehingga bayi dapat tidur lebih nyaman, cocok juga untuk ibu menyusui
  •  Memiliki tali bahu yang empuk dan sabuk pinggang untuk mendistribusikan berat badan bayi antara bahu dan pinggul.
  • Dengan pendistribusian berat yang merata akan membuat orang tua menggendong dengan nyaman karena tidak merasa pegal
Katanya sih yang organic itu bahannya dari organic, kalo yang original bahannya katun. Kalo bayi yang kulitnya sansitif, lebih aman pake yang organic.

motif impian yang selalu kehabisan
umba solid, I have dis one



Terus, kalo buat bayi new born, bisa juga pake ergo tapi harus pake insert yang bikin bayinya ‘pas’ n nyaman di gendongan.Sekarang ada yang jual juga teethering buat ngoverin tali ergonya biar kalo kegigit bayinya bisa dicuci covernya aja, nggak perlu cuci ergonya.
insert buat nuborn




Pokoknya seneng banget, akhirnya bisa nyobain (bener-bener make maksudnya) ergo di acara halal bihalal ikadi kota semarang di hutan wisata Tinjomoyo. Seru! Hasna dibawa muter-muter ketemu temen-temen n keliling bazaar. Wew! Oke punya. Nggak pegel, Hasna nyaman, dua tangan bisa fleksibel ngapa-ngapain. Recommended!! 
Comfort w/ ergobaby
Nice! Hasna bobo'
gendong hadap ibu
taraaaa!! tsaaah!!  
Oia, ada temen yang Tanya, ergo boleh dicuci nggak? Luntur ga? Kalo dicuci bentuknya jadi brubah ga? N jawabannya: boleh banget dicuci. luntur? brubah bentuk ga? jawabannya absolutely NO! ini juga Arin tanyain ke yang lebih ahli soal ergo sih, and jawabannya....

I copied this from their instruction booklet:
"Machine wash cold with mild detergent on gentle cycle. Dry on delicate cycle and remove when seams are still damp. Air dry, avoiding direct sunlight. Do not machine wash frequently. Do not use detergents with bleach, perfumes, dyes, chlorine, or optical brighteners. Spot clean as needed." Just thought I'd add not to use any fabric softener.  Also the instructions that specify not to use detergents with all the bleach and perfumes are there because you have to consider that even after washing, those chemicals remain in the fabric.  Babies will frequently chew on their carriers while being worn so it's a safety measure to make sure they aren't ingesting all those chemicals.  You can take this step as far as you want, I personally use All free and clear, which does have optical brighteners but I don't panic about that. Here's a link to their instrucional booklet about all the different carries in case you need it (the back and hip carries are great for slightly older babies) 
http://shop.bellybumboutique.com/static_pages/downloads/ERGOInstructionBooklet.pdf
Enjoy wearing your baby!   
Satu lagi nih, kemarin ada yang ngasih link blog bagus banget yang isinya tentang dunia ibu dan anak. Salah satu artikelnya bilang kalo posisi gendong bayi forward facing/facing the world/madep depan nggak recommended Cekidot!
http://theecofriendlyfamily.com/2012/02/babywearing-why-forward-facing-isnt-for-you/
jadi paham kenapa ergo di desain Cuma buat 3 posisi. ^^

bocoran dikit nih.. ini salah satu gambar yang ada di artikel ntu... katanya sih kalo posisi ngegantung kek yg di sebelah kiri, ntu ga recommended, kalo yang kanan, better. be smart milih gendongan ya mom... ^_^ kalo Arin sih pake prinsip ekonomi juga.. investasi dari sekarang kalo nti punya baby lagi, udah punya deh gendongan yang nyaman_aman_antipegal_asyikasyikjoss!! hahaha.
 
left: not recommended, right: better

Nah, udah dibilang kan kalo ini review sekaligus promosi?! Ups! Tapi ga enak juga sih, masa review produk ujung-ujungnya promosi?! Hm.. gimana ya?! Intinya sih emang Arin punya OLShop, jualannya segala macem yang bisa Arin jual utamanya perkap bayi n bundanya.

So, buat bunda cantik yang mau pesen ergo bisa banget! Cukup dengan harga Rp. 315.000 (kalo Arin sih belinya kurang dikit lah…hehe).

SMS/WA 085 729 021 512
Pin BBM 7CF2017B

Salam Cinta
Cha ~ Cha Shop :*