Habis mudik ke Wonosobo Bulan Agustus yang lalu, rasa capeknya sungguh berasa. Pun putri kecil kami, Hasna yang belum genap 6 bulan tiba-tiba berubah pola tidurnya. Biasanya jam 8 malam sudah masuk kamar dan tidur, sampai hampir jam 11 malam masih melek sementara ayah-bundanya tentu sudah ngantuk.

Sesaat setelah bisa tidur, tak sampai satu jam sudah bangun, minta nen lalu melek lagi. Akhirnya kami pun menyerah dan membiarkannya gulang-guling di kasur dan ngoceh-ngoceh sendiri. Terkadang ia memukul-mukul kami untuk menemaninya dan mengajaknya ngobrol. Tapi kondisi lelah dan ngantuk, akhirnya sambil merem-melek. Jelang subuh biasanya minta nen lagi lalu tidur pulas sampai pagi kadang sampai jam 8. Setelah mandi ia akan minta nen dan tidur lagi sampai siang (dengan pola bangun-nen-tidur-bangun-nen-tidur) bahkan terkadang sampai sore. 

Kondisi ini membuat resah
tentu saja. Pagi hari saatnya kami mulai beraktivitas harus terganggu dengan ngantuk yang sangat karena malamnya lembur.
Akhirnya, mencoba mencari tempat pijat bayi. Tanya-tanya ke tetangga, mereka menyarankan pijat ke dukun bayi langganannya tapi setelah diskusi dengan suami ia tak mengizinkan. Yasudah, akhirnya dicoba spa sendiri di rumah dengan agenda pijat dan berendam air hangat. Ternyata belum berhasil.
Alhamdulillah, ada teman menyarankan buat baby spa di R.S Roemani. Awalnya kami belum tahu di Roemani ada pelayanan baby spa. Akhirnya kami pun mencoba, hanya berbekal informasi itu tanpa tahu kapan jam pelayanannya. 

Sampai di BKIA Roemani, ternyata untuk baby spa harus reservasi karena menyiapkan air untuk renangnya cukup lama. Untungnya cukup longgar waktu kami buat nunggu persiapan.  
gulang guling menunggu bak spa diisi (eh, matching sama spreinya ya)

Dan taraaa!! Senangnya lihat Hasna tertawa-tawa waktu dipijat. Setelah di pijat, rangkaian baby spa selanjutnya adalah renang. Wow! Tak sabar lihat Hasna berenang. 
ceria saat di pijat (hasna pake clodi pempem motif 'bubble' lho..)

Waktu dipasang neckring di lehernya, ia hanya berekspresi bingung. Bidan yang melayani bersorak dan bilang ‘pintar.. biasanya kalau baru pertama kali nangis dipakein neckring’. 

Selanjutnya waktu dicemplungin ke kolam air hangat, langsung ceria dan kakinya gerak-gerak. Tangannya masih penasaran dengan neckring, dan ekspresi takut-tapi-penasaran jelas sekali di wajahnya. Dua tangannya kuat pegangan pelampung, badan dan kakinya sudah berani gerak bebas. 
takut tapi penasaran

berani mencoba
asyeeeek
Lama kelamaan ia enjoy terlebih dirangsang oleh bu bidannya yang komunikatif dan ceria. Sepanjang renang, ia sangat ceria dan tertawa riang. Senang rasanya melihatnya seperti itu. Waktu renang yang biasanya 15 menit menjadi hampir 25 menit karena Hasna sangat menikmati. 
enjoy
Akhirnya diangkat lalu dibalur minyak telon, ganti baju. Nah, belum selesai ganti baju ia sudah tertidur pulas. Bundanya pun tersenyum ceria. Nggak sia-sia ngeluarin biaya hampir 100rb (tepatnya 90rb. 10rb pendaftaran dan 80rb paket spa) untuk 35 menit spa kalau hasilnya bayi jadi ceria dan pola tidurnya normal lagi.
pules
Di roemani ini oke juga baby spa nya (sebenarnya karena pengalaman pertama). Terapisnya ramah dan komunikatif, selalu ngasih sugesti positif buat bayi. Bayi pun ceria.
Dari ngobrol-ngobrol sama terapisnya; jadi tahu kalau manfaatnya baby spa bisa memperbaiki otot-otot yang kaku, bayi jadi rileks dan memperbaiki pola tdur. Jadi pengen tahu banyak tentang baby spa, akhirnya googling trus nemu banyak refferensi tentang manfaatnya. Ini nih, diambil dari beberapa sumber. Cekidot!!  
 
Menurut penelitian, spa bayi ini memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan si kecil diantaranya
  • Melancarkan peredaran darah, sehingga perkembangan si kecil akan lebih pesat pada usia pertumbuhannya. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil agar tidak mudah terserang penyakit.
  • Memberikan efek relaksasi, sehingga si kecil bisa tumbuh dengan ceria dan membantu membentuk pribadi yang supel, ceria, dan mandiri.
  • Meningkatkan kualitas tidur, hal ini juga berpengaruh terhadap perkembangan otak bayi karena otak bayi akan berkembang selama masa tidurnya.
  • Mengoptimalkan Tumbuh Kembang anak, motorik bayi dapat berkembang lebih pesat dibanding anak lain seusianya. Spa bayi ini bisa membantu meningkatkan kecerdasan si kecil.
  • Membantu memperbaiki sistem pencernaan si kecil, dan membuatnya mudah makan.
  • Berenang sejak lahir yang sangat baik untuk kesehatan bayi Anda dan pengembangan dan pengenalan awal akan menghindari mereka mengalami ketakutan air yang dapat berkembang di kemudian hari dalam masa kanak-kanak
  • Air membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan. Kurangnya gravitasi juga berarti bahwa bayi melatih otot-otot lebih (lebih efektif) dalam air daripada di darat
  • Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa bayi renang telah maju perkembangan motorik, keterampilan sosial dan kecerdasan. Penelitian serupa Finlandia menunjukkan bahwa bayi renang merangkak terlambat tetapi berjalan awal – setelah dikembangkan kontrol otot baik
  • Meskipun struktur lembut pelajaran, setiap sesi setengah jam menyediakan pekerjaan keluar-lengkap fisik: memperkuat jantung bayi Anda, paru-paru dan sistem pernapasan, yang pada gilirannya membantu perkembangan otak
  • Belajar untuk merespon perintah dapat membuat bayi Anda lebih tajam secara mental dan meningkatkan tingkat pemahaman
  • Latihan yang melibatkan bergerak secara independen dalam air dan berpegang pada sisi yang indah untuk kepercayaan diri bayi Anda. Banyak orang tua juga menemukan bahwa menjadi akrab dengan penanganan bayi mereka dalam air dan berbagi pengalaman khusus sangat baik untuk kepercayaan diri mereka juga
  • Berenang secara teratur dalam air hangat baik relaks bayi Anda dan merangsang nafsu makan, menyebabkan tidur meningkat dan pola makan
  • Mencegah Fobia air di kemudian hari. Sebaiknya orangtua yang mempunyai fobia air sebaiknya melakukan iontervensi berenang pada bayi sejak dini pada anaknya
Manfaat Untuk Anak Berkebutuhan Khusus
  • Peningkatan resistensi di dalam air membantu membangun otot
  • Terapung dalam air membantu mengurangi berat badan – menghapus 80% dari berat dari kaki
  • Berenang bantu pengembangan keterampilan motorik, kebugaran fisik dan interaksi sosial
  • Air memungkinkan untuk kebebasan yang jauh lebih besar dari gerakan
  • Membantu mendorong anak-anak untuk menggunakan konsentrasi, kontrol dan koordinasi
So, penting kan?! Makanya baby spa dianjurkan buat bayi dan idealnya dilakukan sekali dalam dua pecan alias dua kali dalam sebulan.
Setelah Hasna spa di Roemani, ada teman rekomendasi spa di harapan Bunda yang alamatnya di lamper Tengah 2. Mencoba cari info tentang Harapan Bunda baby spa, dan dapat link facebooknya, berteman di BBM, dan akhirnya untuk spa kedua kalinya kamni mencoba ke sana.

Berbekal pengalaman pertama di roemani, kali ini kami reservasi untuk spa. waktunya sekitar jam 10 pagi karena menyesuaikan dengan agenda keluarga mau silaturrahim ke Ungaran sekaligus antar adik ke pesantren. Jadilah ramai-ramai kita ke sana. 

Nggak susah nyari alamatnya karena ada papan nama gede di pinggir jalan lamper. Setelah pendaftaran, mulai dengan pijat. Tapi ooo… Hasna sedang badmood. Mungkin karena beberapa hari terakhir ia tidur di jam itu. Ia kurang antusias mengikuti sesi yang diberikan terapisnya. Saat pijat dan baby spa ia ogah-ogahan dan tidak tenang. Waktu dibawa ke kolam pun ia tak se ceria sebelumnya. Dipakaikan neckring menangis sebentar, tapi setelah beradaptasi dengan air mulai menggerakkan kaki dan tangannya pelan-pelan. Hm… cukup mengecewakan karena Hasna ngantuk dan badmood ini. Dan lagi, (mungkin) peruntungan saya (hehehe) dapat terapis yang kurang komunikastif dengan bayi. Suaranya agak pelan dan kurang bersemangat. Malah yang heboh adalah ayah-bunda-mbah dan tantenya Hasna. Hahahaha. Seperti nemu mainan baru, yang di masa kecil kami tidak ada.

takut takut

badmood
mulai ceria
Untuk spa dan gym nya sih oke, Cuma sedikit kurang memuaskan terapisnya. Lagi-lagi mungkin ini pendapat yang sangat subjektif. Beberapa kali si mbak terapis ini pakai kata-kata negatif waktu Hasna tidak antusias. ‘ih. Jelek kalo kayak gitu’ ‘kamu ko slow banget sih dek’ dan beberapa kalimat lainnya dengan nada kayak orang putus asa.

Hm… mungkin ini terdengar biasa di telinga orang lain. Tapi bagi kami yang biasa menyugesti anak dengan kalimat positif, kalimat seperti itu sangat terdengar sumbang. (semoga waktu itu otak Hasna tidak merespon karena dia ngantuk. *pray). Mungkin akan lebih enak di dengar dengan kalimat ‘ayo dek, anak baik dipijat dulu..’ ‘ayoo.. sini! Semangat! Ambil ini! Gerakin kakinya, tangannya!’ dan sebagainya.

At least, fasiltas yang lain cukup oke di sana. Tempatnya pun luas dan nyaman untuk keluarga yang ikut. Oia, untuk biaya pendaftaran ada dua pilihan, 5rb dan 20rb. Untuk 5rb hanya mendapatkan kertas kunjungan saja sedangkan pendaftaran 20rb mendapat paspor tumbuh kembang balita dan ada fasilitas diskon tertentu yang akan diinformasikan lewat SMS atau BBM.
paspor tumbuh kembang by harapan bunda babyspa
Isi paspor tumbangnya ada jadwal imunisasi (sama seperti di buku Pink KIA), biodata yang punya paspor, tabel tumbang anak (yang nanti dievaluasi sama terapis tiap kunjungan sekaligus PR untuk bulan selanjutnya), juga penimbangan BB dan pengukuran TB bayi.
Then, habis baby spa, Hasna bisa tidur nyenyak malam hari. Alhamdulillah… 

So, buat yang mau pilih baby spa di Semarang, bisa tuh ke Roemani atau ke Harapan Bunda. Semuanya oke, punya kelebihan n kekurangan masing-masing. Just enjoy! Swimmin.swimmin.
Sebenarnya bisa juga lho, baby spa di rumah. Banyak video pijat bayi beredar di internet. 


 
cukup sedia neckring dan kolam renang buat bayinya. Neckring dan kolam tentunya bisa di dapat di babyshop langganan dengan harga beragam. Kalau perlengkapan sudah siap, tinggal di isi dengan air hangat, and go swimming! Bayi pun riang dan sehat.

eh, barusan malah kepikiran kalo kolam renangnya diganti pake kontainer yang super gede ajah. haha. lebih aman n awet trus kalo udah tidak dipakai buat baby bisa digunakan lagi buat nyimpen barang. pengalaman teman sih, anak-anak yang sudah balita suka nusuk-nusuk kolam renang yang dari karet diisi angin itu pakai jarum. ya salaam.. kalo gitu rusak kan kolamnya?!. _intermezzo_ 

Oia, kalo buat refferensi baby gym, bisa dilihat di sini nih, ada nemu di google.. XD

_Arien, Sept 2014_

sumber lain: